Irdam IM Tinjau Program Pompanisasi di Wilayah Kabupaten Gayo Lues

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Kodim 0113/ Gayo Lues sambut kunjungan Inspektur Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Irdam IM), Brigjen TNI Yudi Yulistyanto beserta Ibu guna pengecekan lahan Program Pompanisasi di wilayah Kabupaten Gayo Lues yang merupakan Program kerjasama antara Kementan RI dengan TNI AD. (Selasa, 03/09/2024)

Dalam sambutannya, Irdam IM mengatakan, pompanisasi adalah salah satu program dalam rangka peningkatan produksi pertanian untuk menjadikan Indonesia sebagai negara terkuat dalam hal pangan. Program ini memungkinkan Indonesia mandiri untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

"Petani dan pertanian adalah tulang punggung negara, program ketahanan pangan ini, khususnya pompanisasi bisa membantu suksesnya produktivitas pangan sehingga nantinya Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari negara lain," ujar Irdam IM.

Irdam IM menegaskan, TNI akan selalu mengawal sekaligus mendukung penuh upaya Kementerian Pertanian dalam hal ketahanan pangan. Agar Indonesia menjadi tumpuan dan juga harapan berbagai negara dalam mengakses pangan yang berkelanjutan.
Dalam kunjungan nya, Irdam IM juga meluangkan waktu untuk melihat lahan jagung yang berada tepat di belakang Makodim 0113/ Gayo Lues. Lahan jagung salah satu tanaman pangan strategis yang memiliki peran penting dalam ketahanan pangan dan keberhasilan ekonomi daerah, dalam hal ini di wilayah Kabupaten Gayo Lues khususnya, ungkap Irdam IM.

Komandan Kodim 0113/ Gayo Lues Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han menambahkan Pompanisasi memiliki sejumlah manfaat, terutama dalam konteks pertanian dan pengelolaan air. Pompanisasi membantu menyediakan air irigasi untuk sawah dan lahan pertanian, yang sangat penting untuk keberhasilan panen, terutama di daerah yang sulit mendapatkan air secara alami.

“Pompanisasi dapat digunakan untuk mengatur dan mengendalikan aliran air sehingga membantu mengurangi risiko banjir di area pertanian. Dengan sistem pompanisasi, air dapat dialirkan ke tempat-tempat yang membutuhkan, sehingga penggunaan sumber daya air menjadi lebih efisien dan merata“ ungkap Dandim.

Diharapkan, kegiatan pendampingan pompanisasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi para petani di 3 desa yang dialiri. Dengan dukungan TNI dan pemerintah daerah diharapkan produksi pertanian dapat meningkat dan berkontribusi pada tercapainya ketahanan pangan nasional.
Dengan ketersediaan air yang cukup, petani dapat menanam beragam jenis tanaman dan meningkatkan hasil panen mereka. Implementasi program pompanisasi oleh TNI AD ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, tutup Dandim.

Para petani menyambut baik kegiatan ini, mengungkapkan harapan besar terhadap peningkatan hasil panen mereka. “Dengan adanya pompanisasi ini, petani merasa sangat terbantu, terutama saat musim kemarau.
Air yang cukup akan memastikan tanaman petani tumbuh dengan baik dan hasil panen dapat meningkat,” ujar Kadis Pertanian Gayo Lues.

Kegiatan Pompanisasi ini mengaliri 3 titik area persawahan yang dimulai dari Ds. Cempa, Ds. Sepang dan Ds. Penampakan Uken dengan luas area persawahan seluas ± 68 Ha.

Pengecekan lahan pompanisasi turut hadir Kasdim 0113/ Gayo Lues serta seluruh Perwira Kodim 0113/ Gayo Lues, Kadis Pertanian Gayo Lues Juanda Syahputra, SH, M. H, Kabid Pertanian, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PPL, Pengulu Ds. Cempa, Pengulu Ds. Sepang dan Pengulu Ds. Penampakan Uken.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan Pompa oleh Irdam IM kepada Ketua Kelompok Tani yang hadir di lokasi tersebut.

Popular Posts