*Dolok Manampang Dicanangkan Jadi Desa Bersinar, Ini Harapan Bupati Sergai*

 


SERGAI,MA-Dolok Masihul, Media Advokasi Com _Bupati Serdang Bedagai {Sergai) H. Darma Wijaya, secara resmi mencanangkan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Dolok Menampang, Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (4/9/2024).


Acara pencanangan ini dihadiri Kepala BNN Sergai Henri Liranto Petrus S, SE, serta Ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sergai Rido Pandapotan, S.Sos, M.I.Kom, unsur Forkopimcam dan para Kepala Desa se-Kecamatan Dolok Masihul.


Bupati H. Darma Wijaya dalam sambutannya, menekankan bahwa pencanangan ini merupakan komitmen bersama antara Pemkab Sergai dan BNN dalam memerangi penyalahgunaan narkoba. 


"Program Desa Bersinar ini bertujuan untuk memperkuat upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di tingkat desa, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pencegahan yang komprehensif", ucap Bupati. 


Bupati Darma Wijaya berharap dengan adanya Desa Bersinar Desa Dolok Menampang diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman.


Sebelumnya, Kepala BNN Kabupaten Sergai Henri Liranto Petrus S, SE dalam sambutannya mengungkapkan kekhawatiran mengenai perkembangan ancaman narkoba yang semakin dekat dan nyata. Dampak dari penyalahgunaan narkoba dinilai sangat kompleks dan mengancam eksistensi bangsa Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya peran aktif Kepala Desa dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pedesaan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa yang merupakan Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.


Henri Liranto juga melaporkan kepada Bupati bahwa pada tahun 2024, BNN Sergai akan mencanangkan dua Desa Bersinar, yaitu Desa Dolok Menampang Kecamatan Dolok Masihul dan Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah. Pencanangan ini juga akan diikuti dengan pelantikan Relawan Anti Narkoba di kedua desa tersebut. 


“Semoga melalui pencanangan hari ini, Desa Dolok Menampang Kecamatan Dolok Masihul dapat menjadi contoh sukses sebagai Desa Bersih Narkoba,” ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sergai juga berkesempatan melantik para relawan anti narkoba. 


(Suyanto)

Popular Posts