Jelang Pilkada Serentak 2024, Kodim 0416/Bute Gelar Apel Pasukan Persiapan Pengamanan

 


Bungo,MA - Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Kodim 0416/Bute menggelar apel pasukan yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0416/Bute, Letkol Inf Arief Widyanto, S.E, M.Han, yang diwakili oleh Danramil 416-02/Tanah Tumbuh, Kapten Arm Abasri, pada Rabu (31/07/2024).


Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) Pilkada Serentak di wilayah Kodim 0416/Bute, baik dari segi personel, materiil, maupun sarana pendukung lainnya. Komando harus memastikan bahwa semua personel sudah mengetahui dan mengerti tugas pokok dan fungsinya masing-masing, siapa berbuat apa, termasuk di dalamnya apakah materiil dan sarana pendukungnya sudah benar-benar siap operasional.


Dalam sambutannya, Kapten Arm Abasri menyampaikan pesan dari Dandim 0416/Bute mengenai pentingnya peran TNI dalam menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada. "Pilkada Serentak menjadi momen penting dalam kehidupan demokrasi lokal, namun juga membawa tantangan tersendiri dalam menjaga stabilitas keamanan. Dengan memastikan kondusifitas keamanan, kita tidak hanya mengamankan proses demokrasi, tetapi juga memastikan setiap warga bisa menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman," ujar Kapten Arm Abasri.


Beliau juga menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan menjelang, sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan Pilkada. "Apel gelar pasukan hari ini juga merupakan sarana untuk koordinasi antar unsur yang ada di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya. Mari kita tunjukkan bahwa TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah serta instansi terkait lainnya di Kab. Bungo dan Tebo mampu bersinergi dengan baik dan bekerja secara profesional dalam mensukseskan tugas pengamanan ini," tegasnya.


Apel gelar pasukan ini diakhiri dengan pemeriksaan kesiapan personel dan perlengkapan, serta simulasi pengamanan dalam menghadapi berbagai kemungkinan situasi yang dapat terjadi selama Pilkada. Dengan demikian, diharapkan seluruh personel dapat bertindak cepat dan tepat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.









(Red Ilham)

Popular Posts