420 Linmas Di Aceh Singkil Dilatih Menjadi Bela Negara


Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Sebanyak 420 personel satuan perlindungan masyarakat (Linmas) mendapat pelatihan bela negara di Makodim 0109/ Aceh Singkil di Ketapang Indah, Singkil Utara, Kamis (1/8/2). Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi, MAP dan juga diisi dengan launching pembagian 10 juta bendera merah putih secara nasional.  


Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi mengatakan, kepada personel Linmas agar pelatihan bela negara diikuti dengan baik. Sebab kegiatan tersebut sangat penting dalam menanamkan dan memahamkan sikap patriotisme warga negara terhadap negaranya. Kemudian dapat meningkatkan integritas diri.


"Semoga melalui kegiatan bela negara ini kita cinta terhadap negara dapat tertanam dan terjiwai," katanya.


Contoh sikap bela negara yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari itu sebut Azmi, diantaranya adalah menjaga keamanan lingkungan, melestarikan budaya dan memberikan pemahaman kepada sesama warga.


"Hari ini Insya Allah Aceh Singkil, sudah menunjukan kepada dunia sebagai masyarakat toleran. Ini dibuktikan dengan suksesnya agenda nasional dan daerah,"ujarnya.


Sementara itu Kepala Kesbangpol Aceh Singkil Amril, dikonfirmasi, di sela-sela pelatihan bela negara mangatakan, peserta bela negara ini diikuti sebanyak 420 orang. Rinciannya terdiri atas Anggota Linmas pengaman Pilkada 404 orang dan 16 orang berasal dari unsur organisasi kepemudaan. 


"Sedangkan tujuannya adalah, selain untuk meningkatkan cinta kepada tanah air. Perseta bela negara ini juga diharapkan dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengamanan di TPS-TPS saat pelaksanaan pilkada serentak nantinya di Aceh Singkil,"sebutnya.

Sementara itu terkait launching pembagian 10 juta bendera secara nasional di Kabupaten Aceh Singkil, Amril menyebutkan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Bendara merah putih yang dibagikan kepada masyarakat Aceh Singkil, menurut Amril ada 690 lembar. Bendera tersebut merupakan sumbangan dari kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) dan camat. 


"Dalam launching nasional pembagian 10 juta bendera merah putih. Bendera yang terkumpul 690 lebar akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu, tujuannya untuk lebih meriahkan HUT ke-79 RI,"pungkas Amril.(Jaki).

Popular Posts