PEMBANGUNAN DRAINASE TEPI JALAN DESA PAGOTAN MENGGUNAKAN DANA BKK



MADIUN , MA.Pemerintah desa Pagotan kecamatan Geger kabupaten Madiun, dalam tahun anggaran 2024 ini telah menganggarkan dana untuk pembangunan desa yang salah satunya adalah drainase tepi jalan.


Sebelum pelaksanaan pembangunan drainase tepi jalan tersebut, pemdes Pagotan sudah mengadakan penjaringan aspirasi masyarakat melalui musyawarah dusun (musdus) yang dilanjutkan ke musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes), dan disepakatilah pembangunan desa yang menjadi skala prioritas yaitu drainase tepi jalan.


Musrenbangdes yang dilaksanakan di gedung balai desa Pagotan, dihadiri oleh pemdes, BPD, LPM, RT, RT, tokoh masyarakat (Tomas) dan tokoh agama (Toga).


Pembangunan drainase tepi jalan desa ini sangat penting karena, diwaktu musim hujan datang, drainase ini bisa menampung aliran air yang mengalir dari jalan dan bisa melancarkan saluran air dari halaman rumah masyarakat yang menggenang.


Sistem drainase tepi jalan ini berfungsi untuk mengendalikan lintasan air hujan dipermukaan jalan dan dari daerah sekitarnya agar tidak merusak konstruksi jalan seperti kerusakan akibat banjir yang melintas diatas perkerasan jalan / kerusakan pada badan jalan akibat erosi.


Kegiatan pembangunan drainase tepi jalan ini berlokasi di RT.06 RW.03 dusun II, dengan volume 0,3 x 285 m, menggunakan anggaran Rp.100.000.000,-- , sumber dana dari BKK Tahun anggaran 2024, dan dilaksanakan oleh TPK desa Pagotan.


Pemdes Pagotan yang dipimpin oleh Kepala desa Bekti Ari Nugroho, serta didukung oleh seluruh perangkat desa yang ada, sudah sepakat untuk melaksanakan pembangunan di desa dengan sebaik - baiknya. 


Dengan adanya pembangunan drainase tepi jalan di desa Pagotan ini, diharapkan masyarakat ikut serta dalam merawatnya, karena banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi masyarakat, sehingga penting sekali untuk menjaga insfrastruktur yang sudah di bangun di desa ini.


"Saya berterima kasih atas dukungan seluruh perangkat desa yang ada dan semua pihak yang terkait, sehingga program pembangunan di desa  Pagotan dapat berjalan dengan lancar dan baik. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan dana  BKK untuk desa Pagotan, sehingga pembangunan infrastruktur di desa Pagotan bisa segara diwujudkan." pungkas Bekti.

(Pambu)

Popular Posts