terkini

Mascot Pemilu Sawahlunto Dipadati Warga Tempat Lapangan Segitiga untuk Peluncuran Pilkada 2024**

6/23/24, 22:38 WIB Last Updated 2024-06-23T15:38:03Z

 


Sawahlunto-MA-2 Juni 2024  Ribuan warga Kota Sawahlunto memadati Lapangan Segitiga (Lapseg) PTBA-UPO pada Sabtu malam, 22 Juni 2024. Mereka datang untuk menyaksikan peluncuran tahapan dan maskot Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto 2024 oleh KPU Kota Sawahlunto.


Maskot pemilu yang diberi nama “MAK SILO” (Masyarakat Demokrasi Sawahlunto) berhasil menarik perhatian semua yang hadir. 


Ketua KPU Sawahlunto, Hamdani, dalam pidatonya mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi suksesnya pemilu yang jujur dan adil. “Pada pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih di Sawahlunto mencapai 83 persen. Kami berharap, pada pilkada nanti, lebih banyak warga yang datang ke TPS,” kata Hamdani.


Ia juga mengumumkan bahwa pemutakhiran data pemilih akan dimulai pada Senin, 24 Juni 2024. Di Sawahlunto, terdapat 109 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 37 Desa/Kelurahan. Pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota dari partai politik maupun perseorangan akan dibuka pada 27-29 Agustus 2024.


Hamdani juga menyebutkan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah terbentuk di empat kecamatan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 37 Desa/Kelurahan, dan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) siap menjalankan tugas mereka.


Penjabat (Pj) Walikota Sawahlunto, Fauzan Hasan, dalam pidatonya meminta warga untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pilkada. “Pada pilkada, sangat rentan terjadi konflik antar kelompok yang berbeda pilihan. Mari kita sukseskan pilkada ini dengan aman, jujur, dan bermartabat. TNI/Polri juga siap menjaga keamanan bersama semua pihak terkait,” kata Fauzan Hasan.


Jons Manedi, Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM dari KPU Provinsi Sumatera Barat, yang juga hadir malam itu, mengumumkan bahwa pada 13 Juli 2024 akan diadakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) untuk 16 calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Ia memuji partisipasi pemilih di Sawahlunto yang mencapai 83 persen pada pemilu sebelumnya, menempatkan kota ini di peringkat ketiga se-Sumbar setelah Dharmasraya dan Padang Panjang. Dengan 309 TPS yang ada saat ini, ia berharap lebih banyak lagi warga yang akan datang untuk memilih calon DPD.


Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Ambun Kadri, Ketua DPRD Eka Wahyu, Polres, Dandim 0310/SSD, Kejari, Pengadilan Negeri, Bawaslu, PPK, PPS, awak media, dan tamu undangan dari daerah tetangga.


Ribuan warga kota warisan budaya dunia ini menikmati berbagai atraksi seni, nyanyian, dan tarian oleh anak-anak setempat pada malam tersebut, menjadikan suasana semakin meriah dan penuh semangat dalam menyambut Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto 2024.


Yanto/ Ardi.Kondo

Mediaadvokasi.com

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mascot Pemilu Sawahlunto Dipadati Warga Tempat Lapangan Segitiga untuk Peluncuran Pilkada 2024**

Terkini

Topik Populer