HEADLINE
Dark Mode
Large text article

Kepala Dinas Pendidikan Didamping Kepsek SD Negri Bukit Rata Menyerah 15 Sertifikat Khatam Dan Tahfiz Al-Quran




Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id
Kepala sekolah dan Dewan SD Negeri Bukit Rata mengucapkan selamat dan sukses pelepasan dan Khatam Al-Quran Siswa-siswi Kelas VI tahun pelajaran 2023-2024 yang di laksana halaman Sekolah SD Negri Bukit Rata, pada Selasa (11/06/2024).

Diawal kegiatan pembacaan ayat Suci Al-Quran dan pembacaan doa, di lanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Aceh serta tarian daerah.

Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah SD Negri Bukit Rata Ridhwan, S.Pd menyampaikan," saya banggakan kepada dewan guru yang sudah bersusah payah menyiapkan kegiatan pelepasan Siswa-siswi Kelas Enam di pagi yang berbahagia ini.

Kepada pada Kepala Dinas Pendidikan Datok Penghulu Bukit Rata dan Ketua komite saya sampaikan bahwa kemarin telah dilakukan pengumuman kelulusan alhamdulillah sebanyak 45 siswa-siswi telah lulus semua.

Ridhwan menambahkan," hari ini anak ibu-ibu telah mengkhatamkan Al-Quran serta lima orang Hafiz Quran jus 30, saya berharap kepada kepala Dinas untuk memberikan sertifikat Khatam Al-Quran dan sertifikat Hafiz Al-Quran Yang di keluarkan oleh pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Aceh Tamiang.

Jadi perpisahan hari ini bukanlah sekedar seremonial belakang namun pada acara hari ini merupakan sebuah momen dan sebuah kenangan yang akan diingat terus pada nantinya, bahwa dia pernah belajar d SDi Bukit Rata selama enam tahun sehingga hari ini terakhir mereka menuntut ilmu di sekolah ini.

Ridhwam menjelaskan," bahwa acara hari ini Pelepasan bukan perpisahan karena kalau pelepasan kita bisa bertemu kembali dan kalau rizki bisa kembali menjadi seorang guru di sekolah ini. Harapan kami di sini anak-anak yang kita lepaskan hari ini mudah-mudahan menjadi anak yang cinta Al-Quran dan berbakti kepada kedua orang tuanya yang mana selama ini para dewan guru yang telah mengajarkannya sehingga menjadi anak-anak yang sukses di kemudian hari.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Drs. Abdul Muthalib mengatakan," Perpisahan ini tidak boleh di buat, karana antar siswa dengan guru tidak ada mantan guru karena yang ada  itu antar suami dan istri yang bahasa mantan, yang ada hari ini adalah serah terima bahwa guru telah berproses selama enam tahun yang berguna untuk usianya sekarang," ucap Muthalib.

Kegiatan pelepasan ini adalah proses yang mana anak kita sudah belajar enam tahun di sekolah ini telah di selesaikan kemudian akat, yang mana dulu kita menitipkan anak kita akat saat di serahkan ke sekolah ini, setelah enan tahun mengikuti pelajar tamat anak ibu sekarang dan di serahkan kembali oleh dewan guru tidak di ambil dan tidak ada akat nya hukumnya apa tanyakanlah kepada tuan guru.    

Muthalib menambahkan," saya berharap kepada kawan-kawan kepala sekolah bagai mana cara-cara islam kita kembalikan, jual beli itu harus benar-benar di lakukan tidak boleh jual beli tidak secara islami," harapan Abdul Muthalib.

Kepada bapak ibu sekalian kita hari ini sudah memproses selama enam tahun saya meminta kepada wali murid yang menerima anaknya dan sudah di Khatam kan Al-Quran oleh kepala sekolahnya, kini sudah tiga tahun kita coba bahwa budaya kita kalau khatam al-quran ini saat mau sunat dan mau melakukan pernikahan.

Ditempat yang sama Ketua Komite SD Negri Bukit Rata Ruslan menyampaikan," Selamat kepada siswa-siswi SD Negri Bukit Rata, yang mana di katakan kepala sekolah tadi para siswa-siswi yang tidak tau huru A dan angka satu dan kini sampai tamat SD dan berlanjut ke sekolah SMP," ucap Ketua Komite SD Negri Bukit Rata.

Saya juga sagat berterima kasih jasa-jasa ibu dan bapak guru serta kepala sekolah SD Negri  Bukit Rata yang mana telah membina dan membimbing anak-anak kami yang mana saya dengar tadi alhamdulillah lulus semuanya karena kerja keras ibu-ibu dan bapak guru.

Ruslan menambahkan," infomasi yang saya dapatkan setelah melakukan rapat dengan wali murid untuk melakukan acara perpisahan dengan mengutip bantuan dari orang tua, ada media yang datang ke sekolah ini menanyakan hal tersebut, itu yang saya sagat menyesali karena rapat tersebut saya pimpin langsung untuk terlaksana acara pelepasan siswa-siswi kelas enam untuk berlanjut ke SMP," jelas yusran.

Jadi untuk menghindari daripada musibah saya selaku Ketua Komite SD Negeri Bukit Rata berinisiatif melakukan acara ini guna untuk menjadi kenangan siswa-siswi siswa-siswi saat nanti berlanjut ketingkat tertinggi.

Diakhir kegiatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Abdul Muthalib di damping Kepala Sekolah SD Negri Bukit Rata Ridhwan, S.Pd Menyerahkan Sertifikat dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Aceh Tamiang, sebanyak 15 Siswa-siswi yang   10 siswa-siswi mendapatkan Sertifikat  Khatam Al-Quran dan 5 Siswa-siswi mendapatkan Sertifikat Hafiz Al-Quran dan dilanjukan menyanyikan Hymne guru, Sayonara dan kegiatan lain nya.(Eri Efandi).
Close Ads