terkini

Irdam Tutup TMMD Reg ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues

Pujo
6/07/24, 17:04 WIB Last Updated 2024-06-07T10:05:02Z

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Inspektorat Daerah Militer (Irdam) Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A menutup secara resmi kegiatan TMMD Reguler ke- 120 wilayah Kodim 0113/Gayo Lues melalui sebuah upacara yang berlangsung di lapangan TMMD Kampung Kendawi, Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues, Jum'at (07/06/24). 

Dengan dihadiri oleh Danrem 011/LW Kolonel Inf Ali Imran, Pj. Bupati Gayo Lues Drs. Alhudri, MM, Dandim 0113/Gayo Lues selaku Dansatgas TMMD Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han, Forkopimda Gayo Lues, Sekdakab Gayo Lues H. Jata, SE beserta jajaran, Wakil Ketua I DPRK Gayo Lues Drs. H. Ibnu Hasim, S. Sos,. M.M beserta anggota DPRK/istri Ibu Hj. Salamah, Muspika Kecamatan Dabun Gelang beserta para Pengulu, anggota Veteran, TNI Polri, dan masyarakat setempat. 


Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) TMMD Reg Ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han dalam upacara penutupan TMMD memaparkan kegiatan yang berlangsung selama 30 hari sudah selesai, pelaksanaan TMMD di Gayo Lues dengan target 100 persen sudah tercapai dengan baik.

Mulai dari kegiatan sasaran fisik seperti pembukaan jalan akses perkebunan 2.5 km, gorong-gorong 3 titik, rehab balai adat 1 unit, rehab PAUD 1 unit, rehab tempat wudhu 1 unit, pengecoran Jalan Meunasah sepanjang 30 meter, dan rehab menasah sudah selesai.

Termasuk program Unggulan KASAD yaitu,
1.Hanpangan ( pipanisasi Aliran persawahan panjang 100 m)
2.Penghijauan/penanaman pohon 200 batang 
3.Pembersihan Lingkungan 
4.Pembuatan sumur Bor 3 titik
5.RTLH 1 titik
6.Pembuatan MCK 1 titik
7.Perehaban MCK 1 titik
8.Pipanisasi Air Bersih 1 titik sudah selesai dikerjakan. 

Serta sasaran non fisik
1.Penyuluhan Pertanian
2.Penyuluhan Stunting
3.Penyuluhan KB kes
4.Penyuluhan Hukum
5.Penyuluhan Wasbang. 

Sementara itu Irdam Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A dalam sambutannya membacakan kata sambutan Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Niko Fachrizal, M.Tr. (Han), dikatakan, upacara penutupan ini menandai berakhirnya program TMMD ke-120 yang dilaksanakan serentak di 3 (tiga) kabupaten di wilayah Kodam Iskandar Muda, yaitu di wilayah Kodim 0105/abar, Kodim 0113/Galus dan kodim 0116/Nara.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, POLRI, Kementerian/lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.
TNI Manunggal Membangun Desa yang diprogramkan dan telah dilaksanakan bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-RAKYAT untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna mendukung pembangunan nasional di bidang pertahanan negara.

"Dengan telah berakhirnya TMMD Ke-120 ini, saya berpesan kepada kita semua, khususnya kepada Anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita masing-masing menjadi lebih maju, sehingga kita dapat bersaing dengan wilayah lainnya," ucapnya membacakan sambutan.

Usai pelaksanaan upacara penutupan TMMD Irdam beserta rombongan mengunjungi stand-stand yang telah disediakan, diantaranya Stand Pelayanan KB Kesehatan, Stand Pengobatan Massal, Stand Donor Darah, Stand Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Selanjutnya setelah beristirahat dan melakukan shalat Jum'at bersama Irdam dan rombongan melakukan tinjauan kegiatan sasaran fisik dan sasaran tambahan. 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Irdam Tutup TMMD Reg ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues

Terkini

Topik Populer