Wujudkan Swasembada Pangan Babinsa Koramil 04, Bantu Petani

Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id Babinsa Koramil 04/Bendahara Sertu Guntur Cahyono membantu petani membersihkan gulma atau tanaman pengganggu di lahan milik Suparlan di Desa Mesjid Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, pada Jum'at (17/05/2024)

Di sela-sela kegiatan, Sertu Guntur Cahyono mengatakan, Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak dibasmi atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata mata karena tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah,” ungkap Sertu Guntur Cahyono.

Dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah.

“Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL, karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang di hadapi petani di lapangan akan terpecahkan,” pungkasnya. (Eri Efandi).

Popular Posts