Sebanyak 100 Orang Peserta Mengikuti Pelatihan Tentang Penggunaan Pestisida Terbatas


Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id
Perwakilan petani dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang bersama para petugas penyuluh dibekali ilmu tentang penggunaan pestisida terbatas melalui kegiatan training of user yang dilaksanakan Aliansi Stewardship Herbisida Terbatas (Alishter) bekerjasama dengan Dinas Pertanian,Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang.

Dalam kegiatan pelatihan yang berlangsung pada Selasa (14/05/2024) di aula kantor Distanbunnak Kabupaten Aceh Tamiang tersebut lebih kurang diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan petani serta para penyuluh pertanian. Turut juga dihadiri langsung Ir.Syafrizal selaku Direktur Eksekutif Alishter.

“Jadi sejak terbentuknya Alishter pada tahun 2016 dan sampai tahun 2024 sudah melaksanakan pelatihan di 28 provinsi dan 320 kabupaten/kota,”sebutnya seraya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 43 Tahun 2019 tentang pengguna pestisida harus mengikuti pelatihan.

Selain itu, dalam pelaksanaan pelatihan bagi petani di daerah pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi, termasuk juga elemen atau organisasi petani seperti Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA). “ Kami juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung serta mensuport sehingga kegiatan pelatihan di Aceh Tamiang berlangsung sukses,”ucapnya.

“Saya berharap petani dapat saling belajar bagaimana cara menggunakan pestisida dengan baik dan bijaksana untuk meminimalisir dampak negatif bagi petani sendiri selaku pengguna,”harapnya sembari menambahkan,para petani dan petugas penyuluh yang mengikuti pelatihan bisa diimplementasikan di lapangan serta berbagi ilmu bersama petani lainnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang,D Yogi S menyampaikan," pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Alishter tersebut, terlebih upaya peningkatan ilmu pengetahuan bagi para petani.

“ Kita harapkan kedepannya koordinasi antara Alishter dan KTNA dapat terjalin lebih baik lagi sehingga program peningkatan SDM bagi para petani di Aceh Tamiang bisa terlaksana sesuai harapan bersama serta bisa mengakomodir keterwakilan petani dari masing-masing kecamatan di kabupaten ini,”harapan Yogi.(Eri Efandi).

 

Popular Posts