Satgas TMMD ke 120 Kodim 0113/Gayo Lues Gelar Penyuluhan Pertanian

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Dalam rangka menjalankan program TMMD ke -120 Kodim 0113/ Gayo Lues, anggota Satgas melaksanakan kegiatan penyuluhan pertanian di Kampung Kendawi, Kecamatan Dabun Gelang, Kamis (16/05/24). 

Hadir sebagai Nara sumber Sukri, SP dan Sanusi Aman Argun dari penyuluh pertanian Kecamatan Dabun Gelang. 

 Sukri, SP menjelaskan bagaimana cara membuat pupuk kompos dengan baik dan benar. Hal ini penting diketahui sebab apabila salah dalam pengolahan kompos justru kompos tidak akan menjadi pupuk melain kan menjadi busuk. 

"Tanah yang baik bagi pertanian adalah tanah yang subur, menyangkut sifat tanah untuk menyediakan unsur hara dalam jumlah yang seimbang dan tersedia, memiliki tata air dan udara yang baik sesuai dengan kepentingan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tetapi, untuk memperoleh produktivitas yang tinggi pada pertanian tidak hanya dibutuhkan kesuburan tanah tetapi bagaimana seorang petani mampu mengolah lahannya dan mengatur ketersediaan unsur hara yang ada. Salah satu cara untuk menjaga kesuburan tanah adalah dengan melakukan pemupukan," ujar Sukri, SP. 

Sukri menjelaskan bagaimana pupuk kompos menjadi alternatif terbaik bagi tanaman dan bagaimana cara membuat pupuk disertasi dengan penyediaan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan sehingga petani tidak lagi ada kendala dalam penyediaan bahan-bahan pupuk organik. 

Acara tersebut dihadiri oleh Babinkamtibmas, perangkat Kampung Kendawi, dan masyarakat setempat. 

Popular Posts