Kodim 0113/ Gayo Lues Gelar Samapta Jasmani Periodik 1 Tahun 2024 di Lapangan Pancasila

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id 
Untuk menguji ketahanan fisik, TNI AD memberlakukan tes kesegaran jasmani (Garjas) yang digelar setiap enam bulan sekali. Tes kesegaran jasmani ini meliputi kesemaptaan A berupa lari selama 12 menit dan kesemaptaan B berupa pull up, sit up, pus up dan lari angka 8 serta ketangkasan yaitu renang gaya dada sepanjang 50 meter.

Kodim 0113/ Gayo Lues telah 2 hari menggelar tes kesegaran jasmani periodik semester I tahun 2024 di Lapangan Pancasila Kec. Blangkejeren Kab. Gayo Lues. (Jum'at, 17 Mei 2024)

Tes kesegaran jasmani yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS ini berlangsung selama dua hari sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Staf Personalia Kodim 0113/ Gayo Lues. Dalam pelaksanaannya, seluruh personel melakukan pengecekan tensi darah oleh tim kesehatan Korem 011/ Lilawangsa yang berada di Kodim 0113/ Gayo Lues. Dari hasil pengecekan tensi, bagi yang memenuhi syarat dapat mengikuti  tes kesegaran jasmani, sedangkan bagi yang tidak memenuhi tidak diperbolehkan mengikuti tes. 

Pelaksanaan Garjas dipimpin langsung Komandan Kodim 0113/ Gayo Lues, Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han guna memberi semangat dan motivasi kepada seluruh Prajurit agar selalu menjaga kesehatan dengan cara berolah raga yang merupakan salah satu kewajiban seorang Prajurit untuk memiliki tubuh yang bugar guna pelaksanaan garjas periodik ini.

Dandim 0113/ Gayo Lues dalam arahannya mengatakan tes Garjas periodik ini wajib dilakukan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kebugaran fisik masing-masing prajurit sekaligus untuk mengetahui tingkat pembinaan fisik yang dilakukan selama enam bulan di Satuan.

"Jadi laksanakan dengan maksimal, namun apabila dalam pelaksaannnya terasa pusing dan memiliki tubuh gemuk sebaiknya minggir dan jangan dipaksakan," pungkasnya.

Dandim 0113/ Gayo Lues juga mengingatkan selama kegiatan berlangsung agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan sesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing prajurit.

Selain peserta tes kesegaran jasmani periodik, ada sebanyak 13 orang anggota Kodim juga melaksanakan Gasjas untuk usul kenaikan pangkat (UKP) periode 1 April 2025.
(Pendim 0113/ Gayo Lues)

Popular Posts