Gelar Rapat Pleno, DPD NasDem Kota Payakumbuh Sampaikan Seluruh Tahapan Dan Proses Kepada Seluruh Bakal Calon Yang Mendaftar.



Payakumbuh, MA - Dalam rangka proses tahapan pilkada serentak tahun 2024, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem  Kota Payakumbuh  menggelar "Rapat Pleno" Terhadap bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar di partai tersebut. Dimana panitia penjaringan bakal calon kepala daerah bersama jajaran pengurus DPD NasDem serta dihadiri oleh DPW NasDem Sumbar menggelar kegiatan Pleno tersebut, berlangsung  pada Kamis, (9/5/2024) di Kota Payakumbuh. 


Dimana pada "Rapat Pleno"  yang langsung di hadiri Tim DPW ,Marta Suhendra, Hendri Irawan Dt. Tambijo, Erick Hamdani, Ridho Ilahi. Kegiatan  rapat pleno langsung di pimpin oleh ketua DPD Nasdem H. Erwin Yunaz, di dampingi Plt. Sekretaris Nofal, Bendahara Andiko Jumarel serta Ketua Panitia penjaringan Pilkada Hendra Yanni Dt. Rajo Imbang dan pengurus DPD Nasdem Lainnya.


Hendri Irawan Dt.Tambijo selaku Tim dari DPW NasDem Provinsi Sumatera Barat dalam  sambutannya, mengatakan bahwa seluruh tahapan harus disampaikan kepada bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar di Partai Nasdem.


“Semua informasi tahapan dan proses bakal calon Kepala daerah di Nasdem, harus di sampaikan kepada para peserta yang telah mendaftarkan diri, dan bakal calon yang mendaftar harus siap lahir bathin dan mengikuti setiap proses tahapan yang ada,”ujar Hendri Irawan Dt Tanbijo


Lebih lanjut Hendri Irawan Dt. Tambijo menjelaskan bahwa, proses selanjutnya adalah Verifikasi di DPW NasDem. Proses tersebut akan dilakukan DPW yang dihadiri oleh DPP NasDem . 


“Nama-nama yang sudah di Plenokan masing-masing DPD, akan di Verifikasi oleh DPW yang di hadiri DPP dan selanjutnya ada tahapan di DPP.”pungkas Hendri Irawan Dt. Tanbijo


Hal senada juga di sampaikan oleh Marta Suhendra Yang juga merupakan tim dari DPW, bahwa tahapan penjaringan bakal calon kepala daerah harus melalui tahapan sesuai juknis Yang ada.


“Kepada calon yang mendaftar di Nasdem, harus melalui setiap tahapan yang ada, jangan main langsung ke DPP, karna kita ada mekanisme nya mulai dari DPD Dan DPW,walaupun keputusan ada di DPP nantinya,”kata Marta Suhendra.


Lebih lanjut Marta Suhendra menjelaskan bahwa, Partai Nasdem sangat diminati oleh bakal calon baik walikota, wakil walikota, bupati Dan wakil bupati.


“Alhamdulillah, dari 11 Kabupaten Kota,dari 194 Yang mengambil formulir, 173 sudah mengembalikan, kami juga meminta kepada seluruh DPD, agar membuka ruang komunikasi seluas-luasnya dengan bakal calon yang ada," tutup Martha Suhendra Yang juga merupakan sekretaris bapilu DPW Nasdem Sumbar.


Sementara Ketua DPD NasDem Kota Payakumbuh H.Erwin Yunaz  menyampaikan bahwa DPD NasDem Kota Payakumbuh telah menunjukan kredibilitasnya.


"Jadi DPD NasDem Kota Payakumbuh sudah menunjukan kredibilitasnya sebagai partai terbuka, untuk menjaring calon kepala daerah di seluruh Indonesia. Kita melihat langsung bagaimana proses ini, terjadi terbuka dan kita laksanakan secara terbuka, dari situ kita bisa mengetahui kemampuan para kandidat kandidat yang ada. Kami percaya apa yang sudah dilakukan oleh panitia penerimaan bisa diterima dengan baik karena semua lakukan secara terbuka," ujar Erwin Yunaz, Jum'at (10/5/2024). 


Mantan Wakil Walikota Payakumbuh tersebut juga menerangkan terkait persyaratan yang telah diberikan oleh para kandidat calon kepala daerah. 


"Tentunya segala persyaratan persyaratan yang sudah diberikan kepada semua kandidat, itu harus sesuai dengan apa yang diharapkan. Ini menjadi pertimbangan untuk layak atau tidak layak untuk diajukan sebagai calon kepala daerah untuk tingkat Kota/Kabupaten seluruh Indonesia. Mungkin itu  Partai NasDem Payakumbuh mendapat respon terbanyak dari calon kepala.daerah, atau partai Nasdem Payakumbuh sebagai pendaftar calon kepala daerah terbanyak di Kota Payakumbuh imbuhnya. 


Ketua Tim penerimaan bakal calon kepala daerah DPD NasDem Kota Payakumbuh Hendra Yanni Dt. Rajo Imbang dalam  hasil rapat pleno menyampaikan bahwa para kandidat bakal calon kepala daerah yang telah mengambil formulir ke DPD NasDem Payakumbuh berjumlah 13 orang. Dari 13 orang tersebut yang mengembalikan berkas sebanyak 12 orang. Jadi ada 1 kandidat yang tidak mengembalikan berkas pendaftaran, sebut Hendra Yanni Dt. Rajo Imbang. 


Adapun nama-nama yang di Pleno oleh DPD Nasdem Kota Payakumbuh sebagai berikut: 


1. DR.(C) H.Erwin Yunaz,SE,MM

     ( Balon Walikota) Persyaratan Lengkap.


2. Zeki Oktariza Karini, SH,MH Dt. Paduko Sati Marajo (Balon Walikota) Persyaratan Lengkap.


3. DR.dr  Zulmaeta,SpOG,KEM  (Balon Walikota) Persyaratan Lengkap.


4. H.YB.Dt.Parmato Alam (Balon Walikota) Persyaratan Lengkap. 


5. Ahmad Ridha (Balon Wakil Walikota ) persyaratan Lengkap 


6. Fahlevi Mazni, Dt.Bandaro Nan Balidah (Balon Wakil Walikota) Persyaratan Lengkap. 


7. Supardi,SH (Balon Walikota) Persyaratan Lengkap. 


8. Ir.H.Almaisyar (Balon Walikota) Persyaratan Lengkap. 


9. dr.Efrizanaldi,SpOG (Balon Wakil Walikota) Persyaratan Lengkap. 


10. Hj.Yernita,SH (Wakil Walikota) Persyaratan Lengkap. 


11. Joni Hendri (Balon Walikota/Wakil Walikota) Persyaratan Lengkap. 


12.Isnaldi Muhammad Dini SH,SHI,MSi (Balon Walikota ) Persyaratan Lengkap.


 (Arief Wisa)

Popular Posts