Dandim 0113/GL Kerahkan Anggota Atasi Tanah Longsor di Desa Ramung Musara

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id 
Komandan Distrik Militer (Kodim) 0113/Gayo Lues mengerahkan anggota untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi jalan di jalan lintas Blangkejeren - Kutacane tepat nya di Dusun Ramung Toa, Dusun Begade 4, tepatnya Desa Ramung Musara, Kec. Putri Betung, Kab. Galus, Selasa (14/05/24)

Material longsor diperkirakan setinggi 2,5 m dan sepanjang jalan +_ 15 m menutupi badan jalan yang mengakibatkan arus lalulintas macet total.
 
"Longsor terjadi disebabkan dampak dari intensitas hujan tinggi yang melanda wilayah Blangkejeren, mengakibatkan tanah longsor hingga menutupi akses jalan yg mengakibatkan kendaraan tidak dapat melintas Blangkejeren – Kuta Cane ," ucap Dandim 0113 Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, Selasa 14 Mei 2024.
 
Kerugian Personil maupun Materiil Nihil, kejadian tersebut diakibatkan turunnya hujan secara terus menerus mulai pukul 01.00 Wib s/d Pukul 07.00 Wib sehingga jalan saat ini tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda dua dan empat, Muspika Kecamatan Putri Betung berkoordinasi dengan pihak PPK 8 Projabal menurunkan alat berat ke TKP untuk melakukan pembersihan material longsor pagi ini.

"Babinsa Koramil 09/ Putri Betung terjun langsung mengurai tanah longsor yang bercampur lumpur dan pohon yang tumbang dengan menggunakan alat seadanya, sebelum alat berat diterjunkan ke lokasi kejadian," tambah Dandim.

Dandim 0113/ Gayo Lues melanjutkan, aksi bersih-bersih material tanah longsor itu merupakan wujud hadirnya TNI di tengah masyarakat khususnya di wilayah binaannya.
 
"Kegiatan ini sebagai aksi wujud nyata peduli TNI di desa binaannya dalam mengatasi kesulitan dan memberikan solusi bagi masyarakat," ujar Dandim 0113/Gayo Lues lagi.
 
Dandim 0113/ Gayo Lues berharap ke depan apa yang terjadi yakni bencana banjir dan tanah longsor di daerah itu, perlu mendapat perhatian dan penanganan serius, mengingat belum selesainya musim penghujan.

"Kami mengajak warga untuk mewaspadai bencana alam yang potensial terjadi di wilayah ini, serta tetap waspada saat intensitas hujan tinggi," tutup Dandim 0113/Gayo Lues.
 
Saat ini alat berat sudah melakukan pembersihan longsoran sehingga lintas Gayo Lues-Kutacane benar-benar aman, lancar dan normal dilalui kendaraan.

Popular Posts