terkini

Terkikis Aliran Sungai, Sejumlah Lahan Masyarakat di Bantaran Sungai Batang Pelangai Ranah Pesisir Terancam Ambruk

4/23/22, 01:30 WIB Last Updated 2022-04-22T18:30:18Z
Pesisir Selatan, MA -Bantaran Sungai Batang Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) semakin tergerus, kondisi itu membuat sejumlah lahan masyarakat yang ada dipinggir sungai terkikis dan terancam longsor.20 April 2022

 Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Periode 2014-2019 Syaiful Ardi, S.Sos, M.Hum, dirinya mengatakan, dengan kondisi seperti itu masyarakat setempat butuh pertolongan dari Pemerintah dan Dinas terkait.
 Sawaktu saya menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode sebelumnya, bantaran Sungai Pelangai ini selalu diperjuangkan, bahkan beberapa titik sudah bisa diatasi.

 Akibat dari tergerusnya bantaran sungai pelangai tersebut, membuat setidaknya 100 Meter lahan masyarakat sudah terkikis oleh arus sungai.


 
 Dari bibir sungai sekarang, kalau kita tarik pula ke jalan utama, lebih kurang 80 M arus sungai akan sampai di jalan utama.
 Menurut Dosen Universitas Eka Sakti (Unes) itu, kalau arus sungai terus mengikis lahan masyarakat maka kemungkinan besar akan menenggelamkan ratusan rumah yang berada di Kampung Kayu Sabatang Pasar Labuhan

 Pemerintah segera melakukan pencegahan, sehingga lahan masyarakat yang ada di bantaran sungai tersebut bisa terselamatkan.

 Pemerintah apakah itu Provinsi maupun dari Pusat atau Daerah memasang batu Jeti atau Dam Parit Miring yang bisa menahan tebing, sehingga lahan masyarakat yang ada disekitaran bantaran sungai tidak semakin terkikis.(Chandra s)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Terkikis Aliran Sungai, Sejumlah Lahan Masyarakat di Bantaran Sungai Batang Pelangai Ranah Pesisir Terancam Ambruk

Terkini

Topik Populer