Resep Takjil Kolak Warna Warni



Bandung, MA - Bulan Ramadan 1440 H sudah tiba, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Seharian berpuasa, berbuka puasa merupakan saat yang ditunggu-tunggu.

Biasanya, masyarakat berbuka puasa dengan yang manis-manis dan menyegarkan. Selama bulan Ramadan, akan berbagi resep takjil untuk berbuka puasa.

Hari ini, akan berbagi resep kolak warna warni. Kolak ini berisi ubi kuning dan ungu, kacang hijau, jagung, dan pacar cina. warna warni dari bahan kolak ini, membuatnya menjadi menarik untuk disantap. Aapalagi rasanya pun lezat. Penasaran untuk mencoba?

Bahan-bahan:
1/2 kg ubi kuning, ubi ungu, dan ketela
200 gr kacang hijau
125 gr pacar cina
1 buah jagung manis ukuran sedang
1/4 gula putih (sesuai selera)
1 ltr santan
500 ml air
1 sdm tepung sagu/tapioka (larutkan)
1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Kupas ubi dan potong dadu, rendam dalam air agar getah keluar.

Rendam pacar cina sampai agak empuk, kemudian rebus dengan air secukupnya. Rebus hingga pacar cina empuk, kemudian sisihkan

Rebus jagung setelah dicuci bersih. Jika sudah empuk, sisihkan.

Didihkan air beserta daun pandan dan kacang hijau. Jika kacang hijau sudah agak empuk, tambahkan ubi yang sudah dicuci bersih dan diberi garam. Setelah ubi empuk, tambahkan gula putih. Aduk rata.

Setelah bahan-bahan empuk masukkan santan, jagung, dan pacar cina. Tambahkan larutan tepung sagu/tapioka sambil terus diaduk. Tunggu sampai mendidih.

Kolak warna warni bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. (yon/stp)

Popular Posts