Plh Sekda Resmikan Empat Unit Kios di Pajak Harian Singkil



Aceh Singkil-mediaadvokasi.id
Pj Bupati Aceh Singkil melalui Plh Sekda, Edi Widodo, meresmikan empat unit bangunan kios di Pajak harian tradisional, Desa Pasar Kecamatan Singkil. Bangunan kios tersebut bersumber dari dana DOKA tahun anggaran 2024 sebesar Rp 455 juta lebih.

"Bangunan kios ini bersumber dari anggaran DOKA. Diharapkan mampu menambah semangat dan antusias pedagang dan pembeli untuk datang di pajak harian ini,"kata Plh Sekda Aceh Singkil, Edi Widodo, Kamis (19/9).

Tujuan dibangunnya kios di pajak harian tradisional ini, kata Edi, agar masyarakat yang datang dan berjualan di pajak tersebut lebih merasa aman dan nyaman.

Dia berharap, kolaborasi antara pengelola, pedagang, dan pembeli untuk selalu menjaga kebersihan dan memberikan pelayanan yang ramah, agar dapat membuat pasar tradisional bersaing dengan toko ritel moderen.


"Oleh karena itu, kepada pedagang dan pembeli selalulah menjaga kebersihan lingkungan pajak agar kios di pasar tradisional bisa bersaing dengan toko ritel moderen,"ujarnya.


Sebelumnya kepala Disperindagkop dan UKM Aceh Singkil, Mahlim Dewa mengatakan, Kios ini akan difokuskan untuk orang yang berjualan baju dan barang-barang kelontong.


"Kita utamakan jenis dagangnya yang kering-kering lah, bukan malah jenis dagangan seperti ikan. Agar kios ini selalu terlihat bersih dan tidak bau ataupun kotor,"ucapnya.


Setelah kios ini, lanjut Malim, pihaknya akan berkomitmen untuk membangun MCK karena di pajak harian tradisional Desa Pasar ini, tidak ada MCK nya.

"Insya Allah kita akan buatkan MCK disini, menimal dua unit lah, agar pedagang dan pembeli bisa lebih muda ketika ingin membuang air kecil ataupun besar,"sebutnya.


Kata Malim, dari 18 pajak tradisional di Aceh Singkil, pajak harian yang ada pembangunan kiosnya hanya di Kecamatan Singkil.

Jika ada warga yang ingin menyewa kios tersebut silahkan datang langsung ke Disperindagkop dan UKM Aceh Singkil

"Datang saja ke kantor, untuk melengkapi persyaratan-persyaratan. Semoga dengan adanya kios ini masyarakat Singkil bisa lebih merasa aman, baik sebagai pembeli maupun pedagang,"pungkasnya.(Zaky).

Popular Posts