*Nof Hendra: Pilkada Serentak 2024 di Sumatera Barat, Suara Terbanyak Menang*



Sawahlunto,MA-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di wilayah provinsi Sumatera Barat yang diikuti oleh beberapa pasang calon kepala daerah akan berlangsung satu putaran.


Hal ini disampaikan langsung lewat saluran whatsApp oleh aktivis pecinta lingkungan & pegiat media sosial Indonesia dari Pekanbaru, Riau; Nof Hendra kepada awak Media Advokasi hari ini Selasa (10/9/2024). 


Dirinya mengatakan, dalam aturannya satu-satunya daerah yang bisa melakukan pilkada dua putaran adalah Jakarta.


"Di Jakarta apabila perolehan suara paslon kurang dari 50 persen ke atas maka pilkada dilakukan 2 putaran dengan menyertakan peraih suara terbanyak 1 dan 2," ungkapnya.


UU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) yang baru disahkan April 2024 lalu juga mengatur gubernur dan wakil gubernur Jakarta terpilih harus memperoleh lebih dari 50 persen suara. 


Sementara itu, ratusan daerah lainnya (provinsi & kabupaten/kota) di Indonesia yang akan menggelar Pilkada serentak 2024 tetap berpedoman pada UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.


Aturan ini mengatur pasangan calon gubernur-wakil gubernur, calon bupati-wakil bupati dan calon wali kota-wakil wali kota yang memperoleh suara terbanyak akan langsung ditetapkan sebagai paslon terpilih. Hal ini diatur dalam Pasal 107 Ayat (1) dan Pasal 109 ayat (1) UU Pilkada.


"Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati terpilih serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota terpilih," bunyi Pasal 107 Ayat (1) UU Pilkada.


"Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur terpilih," bunyi Pasal 109 Ayat (1) UU Pilkada.


"Kita ketahui, ada dua pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang telah resmi mendaftar untuk mengikuti Pilkada serentak tahun 2024 yaitu paslon Mahyeldi-Vasco Ruseimy dan paslon Epyardi Asda-Ekos Albar. Kedua paslon inilah nanti yang akan berkontestasi merebut simpati masyarakat untuk memilih mereka," tutup Nof Hendra.


Yanto.Mediaadvokasi

Popular Posts