Spesial HUT Kemerdekaan RI Ke-79, SMA N 1 Salak Gelar Panggung Seni dan Kirab

 



Pakpak Bharat,(SUMUT) -MA:Ratusan siswa/siswi SMA N 1 Salak adakan panggung seni dan kirab spesial HUT Kemerdekan Republik Indonesia ke-79 di panggung seni Objek wisata Air Terjun Simbelulu, Kec. Tinada, Pakpak Bharat, Jumat, (16/08). 


Kegiatan ini resmi dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuyaan Kabupaten Pakpak Bharat, Maranatha M. Padang, S. Pd, M. Si. 


Sebelum hiburan panggung seni, seluruh peserta lakukan kirab tepatnya di lokasi Air Terjun Lae Simbelulu


Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Salak, Nurlaila Solin, S. Pd, M. Pd, mengatakan dalam kegiatan tersebut banyak penampilan budaya menarik akan dipertunjukan memeriahkan HUT RI ke-79, 


"Kegiatan ini kita buat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79, berbagai penampilan menarik dari siswa/i kita seperti, Tari Kreasi, Silat, Story Telling, Musik Tradisional dan Musikalisasi puisi serta penampilan lainnya", Jelas Nurlaila Solin. 


Sambungnya, kegiatan panggung seni ini dilaksanakan bernuansa khas budaya Pakpak. 

" Kita lakukan bernuansa khas budaya kita, yaitu budaya Pakpak, peserta menggunakan seragam busana Pakpak, Sekecil apapun kita harus perbuat untuk budaya suku kita", Sambungnya. 


Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat. 


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat, melalui Kepala Bidang Pariwisata, Sekjen Padang, MAP, mengatakan dilokasi, 

Panggung seni kegiatan ini kental dengan khas budaya Pakpak,


“Kita sangat mendukung kegiatan ini. Untuk menghargai identitas dan budaya Pakpak, para peserta dominan dibuat dengan busana khas pakaian adat Pakpak, selain itu yang ditampilkan juga berbagai tarian khas Pakpak termasuk " Moccak", dan juga sekaligus mempromosikan objek wisata daerah ini. Nah ini wujud kecintaan kita terhadap budaya kita, kita kembangkan sejak dini kepada peserta didik supaya tidak tergerus oleh zaman", Ungkap Sekjen Padang. 


Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Bidang Pariwisata, Kepala Bidang Kebudayaan, Rudi Sinamo beserta staff, Guru pemandu dari SMA N 1 Salak dan ratusan siswa/siswi. Acara dimulai pagi hingga selesai. (Jan)

Popular Posts