Pemdes Desa Tanjungsari Selenggarakan Street Art Carnival 2024 Dalam Rangka HUT-RI Ke 79


KENDAL | MediaAdvokasi.id
- Ratusan warga Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, tumpah ruah ke jalan-jalan Desa setempat, mereka mengikuti karnaval budaya dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -79.


Karnaval ini terbilang cukup menarik, karena para peserta menampilkan aneka ragam tema, mulai dari fashion show sampai ke busana adat dari berbagai daerah, selain itu mereka juga menampilkan berbagai atraksi, dari dance masa kini sampai ke tarian tradisional.


Di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Tanjungsari H. Sugiyanto kepada awak media ini mengatakan bahwa kegiatan karnaval ini diselenggarakan oleh Pemdes Tanjungsari bersama masyarakat dalam rangka memperingati HUT RI ke 79.


Menurut H. Sugiyanto, Kegiatan karnaval sebenarnya memiliki berbagai manfaat positif diantaranya adalah mampu menumbuhkan semangat patriotisme di dada setiap anak bangsa.


"Selain menumbuhkan jiwa nasionalisme juga bisa menciptakan kerukunan antar warga, sekaligus menjadi momentum untuk menjaga kebhinekaan. Hal ini terlihat dari keragaman peserta dan kegiatan yang ditampilkan dalam karnaval," papar Kades H. Sugiyanto


Kades Sugiyanto juga menerangkan bahwa untuk HUT yang ke 79 ini pihaknya sengaja mengambil tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" tema ini dipilih karena HUT RI ke-79 bertepatan dengan tiga momentum penting bagi negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.


"Hal tersebut sebagai bentuk dukungan moral dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia yang ibukotanya bisa mensejajarkan diri dengan ibukota lainnya di dunia," ucap Kades dengan bangganya.


Senada dengan Kades H. Sugiyanto, salah satu warga setempat, H. Sugiyo SH., juga mengatakan hal yang sama, menurut Sugiyo, Karnaval Agustusan tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kemerdekaan, tetapi juga menjadi momentum untuk menjaga kebhinekaan. Hal ini terlihat dari keragaman peserta dan kegiatan yang ditampilkan dalam karnaval.


"Karnaval Agustusan menjadi sarana untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, karnaval ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Sugiyo SH., yang juga seorang Pengacara ini, Minggu 18/08/24.


"Dalam konteks kekinian, karnaval Agustusan juga menjadi momentum untuk mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila. Hal ini terlihat dari tema-tema karnaval yang sering mengangkat nilai-nilai Pancasila," terangnya.(Khozin)

Popular Posts