Muhammad Dziban dan Wilda Yani Jadi Duta Pukak Nungkak Aceh Singkil

Media Advokasi.id Aceh Singkil-Muhammad Dziban Bhadrikal dan Wilda Yani dinobatkan sebagai Duta Pukak Nungkak Kabupaten Aceh Singkil tahun 2024. Keduanya terpilih usai bersaing dalam ajang pemilihan Pukak Nungkak Duta Wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil.

"Juara 1 Pukak Nungkak Aceh Singkil 2024 diraih oleh Pukak Muhammad Dziban Bhadrika asal Desa Pulau Sarok, Kecamatan Singkil, dan Inong Wilda Yani dari Desa Pulau Baguk Kecamatan Pulau Banyak," kata Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Aceh Singkil, Amran Ramli SE MAP  Minggu (4/8).

Mereka yang terpilih kata Amran, merupakan putra putri terbaik kabupaten Aceh Singkil yang berhasil memeroleh nilai terbaik dari beberapa tahap seleksi yang dilaksanakan penyelenggara.

Sementara Pukak Sabiani dari Desa Serasah Kecamatan Simpang Kanan, dan Nungkak Mediana Azri dari Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah meraih Juara 2. Selanjutnya Pukak Said Mubarak A dari Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil dan Nungkak Shellika Febria Noriza dari Desa Lipat Kajang Atas Kecamatan Simpang Kanan menempati posisi ketiga.

"Para peserta yang juara mendapatkan uang pembinaan dan juga trophy, serta akan menjalani karantina kembali selama seminggu untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan duta wisata di Provinsi Aceh beberapa bulan mendatang,"katanya.

Begitupun sebut Amran, selama proses pemilihan para finalis diwawancarai beberapa bidang, diantaranya Bidang Kebudayaan, Pariwisata, Pembangunan, Agama, dan Bahasa.

"Para Dewan Juri merupakan sebagian dari alumni Duta Wisata Aceh Singkil yang sudah berpengalaman dan mahir dalam bidangnya masing-masing,"terangnya.

Pendaftaran Duta Pukak Nungkak, sebut Amran, dibuka pada 3- 10 Juli 2024. Proses pemilihan berlangsung ketat hingga terpilih tujuh peringkat teratas.

"Masing-masing tujuh orang Pukak dan Tujuh orang  Nungkak dari berbagai Kecamatan di Aceh Singkil,"katanya.

Pemilihan Pukak Nungkak Duta Wisata Aceh Singkil itu diselenggarakan di Gedung Seni Budaya, Pulo Sarok, Singkil dan dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Drs. Azmi, M.AP, Sabtu (3/8) malam.

Pj Bupati Aceh Singkil, Azmi dalam pidatonya mengatakan, pada malam penobatan Pukak dan Nungkak ini, para peserta bukan hanya dinilai dari penampilan melainkan juga dari akhlak serta kecerdasan. Bagi Pukak dan Nungkak terpilih diharapkan mampu mempromosikan wisata dan budaya di Aceh Singkil.

“Kita berharap bagi yang terpilih nantinya mampu mempromosikan wisata dan budaya Aceh Singkil, Go Nasional dan Internasional sehingga bisa menggaet wisatawan lokal maupun mancanegara,"katanya.

"Semoga dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Aceh Singkil ini, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,"ujarnya.

Disisi lain, Pj Ketua TP-PKK Aceh Singkil Ny. Emma Malini Azmi juga menyebut, bahwa dirinya sangat senang dan bahagia dengan antusias puluhan peserta dari beberapa kecamatan yang mendaftar hingga suksesnya malam puncak pemilihan.

"Dari awal kegiatan kita terus melakukan pemantauan, hingga sebanyak 30 peserta yang mendaftar, dan melalui karantina selama enam hari terpilihlah 7 pasang dan masuk nominasi,” ucap Emma yang juga sebagai Ibu Asuh bagi peserta Pukak dan Nungkak Tahun 2024.

Menurut Emma, semua finalis begitu apik dan tampil percaya diri, namun yang namanya perlombaan tentu ada kalah dan menang.

“Alhamdulillah malam penobatan Pukak dan Nungkak Aceh Singkil tahun 2024 ini berjalan dengan sukses, bagi yang menjadi juara kami ucapkan selamat dan bagi yang belum meraih juara tetap semangat karena bagi kami kalian semua adalah putra putri Aceh Singkil terbaik yang peduli terhadap daerah,"tutupnya. ( Ahmad )

Popular Posts