Mengenal sosok kandidat Calon Kepala Daerah yg mendapatkan rekomendasi partai dan perlunya telaah.


Palembang,MA-Dr. Derriansya Putra Jaya.,M.Si

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik, Kebijakan dan Pembangunan Strategis Habibie Learning Center (PUSKAPKEPS HLC), Dosen Pascasarjana MAP Universitas Sjakhyakirti Palembang


Dalam suatu pesta Demokrasi khususnya kontestasi Politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), masyarakat harus mengenal dan mengetahui secara detail mengenai sosok calon kepala Daerah yang akan mereka pilih. Partai Politik harus melakukan penguatan seleksi dan pemberiaan rekomendasi bagi calon Kepala Daerah. Penguatan tersebut terdiri dari beberapa parameter seperti etika, pendidikan, pengalaman, keahliaan, pendekatan (Lobby) ke dalam dan Luar Negeri, kompetensi, integritas, komunikasi langsung ke masyarakat dan lain-lain.


Hal tersebut merupakan proses yang sangat membantu calon kepala daerah nantinya dalam menjalankan dan merealisaaikan visi misi dan program yang dijual dan ditawarkan kepada Masyarakat. Sosok calon kepala daerah tersebut harus mempunyai strategi yang tepat dan jitu dalam menyelesaikan dan menuntaskan masalah serta memberikan innovasi terbaru. Misal Pilkada Kota Palembang banyak permasalahan terkait dengan penanganan masalah kemacetan, masalah banjir, masalah penataan kota (Rumah Susun) dan lain-lain serta innovasi dan terobosan baru dalam pembangunan Palembang misal pembangunan kawasan wisata baru, pembangunan mall restaurant di tepi sungai musi atau mungkin memperbanyak event internasional dan nasional yang dapat menarik para investor ke kota Palembang.


Saat ini sosok calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang yang namanya sudah beredar ada yang sudah mendapatkan rekomendasi dan ada yang masih dalam proses pendekatan ke Partai Politik seperti ; Yudha Mahyudin, M.Sc.,Ph.D, Ir. Baharudin, SH, Fitrianti, S.H.,M.H, Nandriani Octarina, S.Psi, Drs. H. Ratu Dewa.,M.Si, Prima Salam, S.H, Ir. Basyarudin Akhmad.,M.Sc, Dr. Cand. M. Akbar Alfaro,S.E.,MM dan juga ada nama Fitriana, S.H (Pingky). 


Nama nama sosok tersebut merupakan calon kepala Daerah yang tentunya memiliki keunggulan dalam memimpin Kota Palembang periode 2024-2029. Harapan kita semua Palembang dapat menjadi kota emas yang maju dan berkelas Internasional dan pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan dan peningkatan pendapatan Perkapita Masyarakat Kota Palembang.


Senada yg telah di sampai di sampaikan oleh Dr. Derriansya Putra Jaya, M.Si Direktur Eksekutif PUSKAPKEPS HLC. Menurut pandangan saya M. Firzah Amd.,S.M ( selaku aktivis dan politisi) ada baiknya semua kandidat jujur terhadap diri sendiri tidak menutupi identitas baik keluarga dan latar belakang pendidikan serta pengalamannya. Dan di telaah benar-benar dari partai pengusung jangan sampai rakyat kota Palembang di sugukan flaming2 yg di branding sebagus mungkin misalnya ada calon di dukung parpol tertentu tidak ada tercatat perkawinan yg sah atau juga ada calon bekas koruptor yg diusung. Menurut cermat saya ada baiknya calok kepala daerah dari wajah baru dan wajah lama di pilkada kota Palembang. Itu bagus juga ada pengusaha Palembang yang mau mencalonkan diri menjadi wakil atau walikota seperti Bu Fitriana SH (Pingky) menjadi wakil Walikota dan wajah lama seperti Dr.Cand.M.Akbar Alfaro,SE.,MM atau Ir. Basyarudin Ahmad, M.Sc. ( Ocha)

Popular Posts