Kendalikan Inflasi, Dinas Pangan Aceh Singkil Berjibaku Hingga Malam Salurkan Bapang dan GPM di Kepulauan



Aceh  Singkil-mediaadvokasi.id
Upaya untuk menjaga stabilisasi harga pasar dan mengendalikan inflasi. Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Pangan secara rutin terus melakukan gerakan pangan murah (GPM). Kegiatan GPM ini, tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang terletak di daerah daratan. 


Akan tetapi, warga yang berada di wilayah kepulauan juga tidak luput dari perhatian Pemerintah setempat diupayakan dapat memanfaatkan program tersebut. 


"GPM ini kita pusatkan di Kecamatan Pulau Banyak Barat (PBB) dan Pulau Banyak, ada sebanyak 450 paket sembako yang kita sediakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Kepulauan tersebut,"kata Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Aceh Singkil, Achyaruddin, ST Kamis 8 Agustus 2024.


Akhyar mengatakan, sebanyak 450 paket bahan pangan murah tersebut, terdiri dari beras premium 10 kg seharga Rp. 105.000. Kemudian minyak goreng kemasan 2 liter Rp. 32.000, gula pasir 2 kg Rp. 28.000, telur ayam satu papan Rp. 41.000, dan tepung terigu kemasan 1 kg Rp. 13.000. 


Selanjutnya, juga tersedia susu kental manis satu kaleng Rp. 10.000. Sehingga total harga 1 paket bahan pangan murah itu dibandrol senilai Rp. 229.000.


Menurut Akhyar, sejak sore dibukanya stand GPM masyarakat tetap antusias rela mengantre untuk mendapatkan paket sembako murah tersebut hingga tuntas menjelang tengah malam sekitar pukul 23:00 WIB.

"Alhamdulillah meski kerja lembur, namun kami sangat puas bisa melayani masyarakat yang membutuhkan sembako murah tersebut. Meski sampai malam mereka tetap betah menunggu,"katanya.

Disamping itu terang Akhyar, selain kegiatan GPM yang digelar selama 2 hari terhitung sejak 6-7 Agustus 2024 untuk menyemarakkan penyambutan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-97. Pihaknya juga menyerahkan sebanyak 98 Paket Bantuan bahan pangan (Bapang) untuk masyarakat miskin ekstrim di Kecamatan Pulau Banyak dan PBB, Aceh Singkil. 

"Dalam kesempatan ini, selain menggelar GPM yang merupakan program Pj Bupati Aceh Singkil, kita juga menyerahkan bantuan bahan pangan bagi masyarakat miskin ekstrim, " terangnya

Dengan digelarnya GPM ini, sebut Akhyar, dalam setahun ini masyarakat Aceh Singkil tidak pernah merasakan kelangkaan bahan pangan. Begitupun dengan inflasi.

Karena Pj Bupati Aceh Singkil Drs Azmi, sebut Akhyar, selalu memberi perhatian khusus kepada masyarakat dengan cara melakukan program GPM.

"Artinya, Pj Bupati Aceh Singkil selalu mengontrol Dinas Pangan dalam melaksanakan program GPM, termasuk program B2SA dinas pangan,"terangnya.(Jaki)

Popular Posts