Detik-detik Proklamasi, Dandim 0113/ Gayo Lues dan Forkopimda Gelar Pawai Obor Keliling

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Jelang Peringataan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun 2024, Dandim 0113/ Gayo Lues Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han gelar sejumlah kegiatan yang diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat. Kamis (16/8/2024)

Menjadi salah satu kegiatan yang di gelar bersama Forkopimda Kab. Gayo Lues adalah Taptu atau Pawai Obor yang dilaksanakan tanggal 16 Agustus 2024 pada pukul 20.00 WIB, dimana kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, Persit Kodim 0113/ Gayo Lues serta para mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi kemahasiswaan maupun pelajar lainnya. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.
 Kegiatan diawali dengan temu ramah Forkopimda yang menjadi titik kumpul di Pendopo Bupati Kab. Gayo Lues sekaligus pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Bupati Kab. Gayo Lues yang dilanjutkan dengan pawai keliling memasuki Ds. Penampaan yang dilanjutkan ke Ds. Kutelintang Kec. Blangkejeren Kab. Gayo Lues.

Memaknai hal tersebut, Dandim 0113/ Gayo Lues menilai kegiatan Taptu, bawa obor sambil berjalan memiliki makna yang sangat penting untuk generasi penerus bangsa indonesia. Kita ingin sekaligus mengajak generasi penerus tongkat estapet perjuangan bangsa itu tidak cuma diam ditempat tetapi melakukan suatu kegiatan yang sifatnya bersama-sama membangun dan memotivasi diri mereka untuk maju kedepan mengisi perjuangan bangsa ini, sehingga wujud tema kita "Nusantara Baru Indonesia Maju" itu betul-betul dapat diwujudkan dalam satu kenyataan ," tutur Dandim.

Dandim 0113/ Gayo Lues yang didampingi Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab XXVI Dim 0113 Ny. Rika Yanfri Satria Sanjaya menuturkan bahwa kegiatan Taptu atau pawai obor merupakan salah satu sarana untuk memaknai diri sendiri sebagai wujud kerja keras dalam mempertahankan kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan terdahulu, sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan yang bekerja keras berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan para generasi muda untuk ikut mengisi kemerdekaan dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dan memahami setiap makna kemerdekaan bangsa yang telah diraih,” ujar Dandim.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan semangat yang ditunjukkan oleh para peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.
“Mari kita ciptakan momen yang berarti dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 tahun ini." Saya juga berharap agar semangat kebersamaan dan persatuan tetap terjaga dalam menjaga keutuhan Indonesia pada umumnya dan menjaga kedamaian serta keamanan di wilayah Kab. Gayo Lues pada khususnya,” tutup Dandim.
(Pendim 0113/ Gayo Lues)

Popular Posts