Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari Kendal Gelar Karnaval Budaya Dalam Rangka HUT RI Ke 79 Tahun 2024 Dengan Meriah


KENDAL | MediaAdvokasi.id
- Ratusan warga Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, tumpah ruah ke jalan-jalan Desa setempat, mereka mengikuti karnaval budaya dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke -79.


Karnaval ini terbilang cukup menarik, karena para peserta menampilkan aneka ragam tema, mulai dari fashion show sampai ke busana adat dari berbagai daerah, selain itu mereka juga menampilkan berbagai atraksi, dari dance masa kini sampai ke tarian tradisional.




Di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Tanjungsari H. Sugiyanto kepada awak media ini mengatakan bahwa kegiatan karnaval ini diselenggarakan oleh Pemdes Tanjungsari bersama masyarakat dalam rangka memperingati HUT RI ke 79.


Menurut H. Sugiyanto, Kegiatan karnaval sebenarnya memiliki berbagai manfaat positif diantaranya adalah sebagai sarana edukasi. 


"Sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di Indonesia, misalnya dari pakaian adat, rumah adat, profesi dan aneka ragam pernak perniknya serta tarian tradisional yang berasal dari berbagai daerah, sehingga anak menjadi tahu dan melihat langsung keanekaragaman itu secara nyata dan dengan tampilan yang menarik. Bahkan adapula anak yang menggunakan kostum adat tertentu sehingga pengetahuan mereka menjadi bertambah," Papar Kades.


"Selain itu juga dapat menumbuhkan nasionalisme dan kerukunan antar warga," tambah H. Sugiyanto.


Senada dengan Kades H. Sugiyanto, salah satu warga setempat, H. Sugiyo SH., juga mengatakan hal yang sama, menurut Sugiyo, Karnaval Agustusan tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kemerdekaan, tetapi juga menjadi momentum untuk menjaga kebhinekaan. Hal ini terlihat dari keragaman peserta dan kegiatan yang ditampilkan dalam karnaval.


"Karnaval Agustusan menjadi sarana untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, karnaval ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa," ucap Sugiyo SH., yang juga seorang Pengacara ini, Minggu 18/08/24.


H. Sugiyo SH., menganggap bahwa tradisi karnaval agustusan bisa menjadi sarana untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, karnaval ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.


"Dalam konteks kekinian, karnaval Agustusan juga menjadi momentum untuk mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila. Hal ini terlihat dari tema-tema karnaval yang sering mengangkat nilai-nilai Pancasila," tutupnya.(Khozin)

Popular Posts