Evaluasi dan Rapat Kordinasi Penanganan Pelanggaran menghadapi Tahapan Pilkada 2024



MINANGTIME - Sabtu, 20 Juni 2024 bertempat di Hotel Harmona Inn Tembilahan, Acara diawali dengan Sambutan sekaligus membuka acara oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir Rustam, S.H. Dalam sumbutanya Rustam menyampaikan moment untuk evaluasi dan refleksi terhadap proses Pemilu 2024 sekaligus menjadikan pengalaman yang luar biasa terkait mekanisme dan presedure terhadap Penanganan Pelanggaran kedepan dalam menghadapi tahapan Pilkada serentak di Tahun 2024.


Narasumber dalam kegiatan dari Unsur Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dari Instansi Kepolisian AIPDA Asbon Sirait SH, dari Unsur Kejaksaan Reza Yusuf. Affandi SH dan langsung dipandu oleh Kordiv Divisi Penanganan Pelanggaran Data Informasi Bawaslu Indragiri Hilir Sdr. Rahmaddian. Pemaparan oleh Narasumber berkaitan dengan pentingnya menjaga proses demokrasi agar dapat berjalan dengan seadil‐adilnya, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.


Kemudian diskusi dilanjutkan dengan kehadiran Bapak Gema Wahyu Adinata, SH (Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Riau 2018-2023) yang memaparkan dari dasar hukum secara detail terkait subtansi proses dalam melakukan mekanisme dan presedur dalam menangani sebuah Pelanggaran baik itu yang berkaitan dengan Pelanggaran hukum pidana Pemilu maupun pelanggaran hukum lainya kepada seluruh peserta yang hadir dalam hal ini Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Indragiri Hilir.


Dalam kesempatan lainya, Rahmaddian selaku Kordinator Divisi PP Datin Bawaslu Indragiri Hilir berharap kegiatan ini dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi peserta karena ada postest dalam rangka mengulang dan memperdalam lagi pemahaman terkait dengan regulasi dan prosedur dalam proses tahapan Pilkada yang sedang berjalan dan sekaligus tak henti-hentinya menghimbau kepada semua pihak agar menjaga proses demokrasi ini bisa berjalan secara adil dan jujur serta mengharapkan partisipasi masyarakat dalam proses mengawal dan menyukseskan Pilkada serentak yang akan dilangsungkan pada Tanggal 27 November 2024. Salam awas, Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu. Tutupnya. 

Popular Posts