Bawaslu Sumut Gelar Rakor Kesiapan Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumut

 


Medan, (SUMUT) -MA;Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Tugas Bawaslu adalah mengawasi seluruh Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.


“Kami harapkan dengan pertemuan yang terselenggara hari ini bersama Menkopolhukam, Mendagri, forkopimda baik unsur pemprov, pemkab, pemkot, TNI dan Polri kita persiapkan seluruh penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024,” tegas Ketua


Bawaslu Republik Indonesia (RI) Rahmat Bagja saat menjadi Narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera di Regale International Convention Centre (RICC) Medan, Selasa (9/7/2024).


Rakor kesiapan Pilkada ini dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto.


Dalam sambutannya rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan maksud untuk dapat mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan harus mampu menempatkan peran masing – masing sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian, lembaga dan instansi melalui satu bentuk yakni sinergitas.


Bagja juga memaparkan empat jenis penanganan pelanggaran dalam Pilkada. Pemilu serentak ini tidak hanya memiliki kompleksitas dalam penyelenggaraan/pengelolaannya tetapi sekaligus memiliki potensi kerawanan pelanggaran Pemilu yang tinggi.


“Ada empat jenis penanganan pelanggaran pertama pelanggaran administrasi, pelanggaran kode etik, tindak pidana pemilihan dan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN),” ungkapnya.


“Semoga kita bisa menjaga netralitas penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024, dan semoga Pilkada Tahun 2024 ini lebih baik lagi,” harapnya


Turut hadir dalam memberi materi antara lain Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Plt. Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, Asops Kapolri Verdianto I Bitticaca, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, Panglima TNI Agus Subiyanto.(Bws/jan)

Popular Posts