Babinsa 09/Putri Betung Hadiri Acara Tawar Kampung dan Tolak Bala

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Giliran Desa Gumpang Pekan, Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues memperingati tradisi tawar kampung yang dilaksanakan pada selasa (09/07/2024).

Pada acara tersebut, semua perangkat desa seperti Pengulu, Imam Kampung, Urangtue, Kadus, Babinsa dan Imam desa ikut berperan dalam acara tawar kampung tersebut.

Setelah itu, giliran semua hadirin ditepung tawari (Peusejuk). Baru setelah itu kerbau putih koro jeget diarak keliling kampung disertai canang dan salawat badar dari kaum ibuk-ibuk.

Kegiatan tawar kampung ini dilaksanakan se kecamatan Putri Betung selama lebih kurang 1 minggu dengan rute ke semua desa di kecamatan putri betung.

Dalam rangkaian acara tolak bala tersebut  sudah berlansung beberapa hari di tempat berbeda yaitu Desa Putri Betung serah terima ke desa Gumpang Pekan selanjutnya desa Gumpang Pekan serah terima sama Desa Gumpang Lempuh sampai acara H nya pada Kamis tanggal 11 Juli 2024 di laksanakan di tingkat Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues.

Pengulu Kampung Gumpang Pekan Ikhwan Sabri,  mengatakan acara tolak bala dan tawar kampung dilaksanakan setiap 7 tahun Sekali.

Tradisi ini merupakan warisan leluhur yang telah diwariskan dan masih dijaga kearifan lokalnya yang bertujuan sebagai antisipasi untuk menolak bala (tolak bala) yang mengancam kehidupan baik dari kehidupan sosial masyarakat, maupun terkait hasil pertanian masyarakat.

Rencana awalnya terkait kegiatan ini, Ikhwan Sabri menyebutkan pihaknya melaksanakan musyarawah bersama Camat dan perangkat desa. Hasil musyawarah tersebut disampaikan ke masyarakat dalam kegiatan musyawarah kampung, selanjutnya masyarakat menyepakati untuk mengadakan tawar kampung dan tolak bala.

Sementara itu Serda Sabtono selaku Babinsa Desa Gumpang Pekan mengatakan tradisi yang sudah di wariskan dari leluhur kita jangan sampai kita hilangkan/tinggalkan.

Di samping itu, tokoh Adat kampung setempat Safrang Gumpang pekan sekaligus pemangku adat, mengatakan acara ini merupakan acara yang membangun kekompakan masyarakat, selain merajut acara silaturahmi masyarakat dengan pemimpin dan pemimpin bersama masyarakat.

Ucapan terima kasih juga di sampaikan bapak safrang selaku tokoh adat kampung kepada Babinsa koramil 09/PB bisa hadir dan menyempatkan waktunya untuk mengikuti acara tradisi tawar kampung ini. 

Popular Posts