Nagari Koto Nan Ampek Gelar Satu Event Satu Nagari, Almaisyar Dt. Bangso Dirajo Nan Kuniang Harapkan Pelestarian Adat Budaya Jadi Program Berkelanjutan


Kota Payakumbuh, MA - Gelar kegiatan Satu event satu nagari, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuah (Disparpora) dapatkan dukungan dari niniak mamak Koto Nan Ampek. Selain menjadi upaya pelestarian budaya, hal tersebut disampaikan Almaisyar Dt Bangso Dirajo Nan Kuniang. Saat menghadiri kegiatan tersebut pada Sabtu (8/6/2024) pagi.


Dengan mengangkat tema “Ma anta anak daro manjalang mintuo poi bamalam dalam olek balambang urek”, selaku niniak mamak anak nagori Koto Nan Ompek. Almaisyar sangat mengapresiasi kegaiatan yang digelar di Kantor KAN Koto Nan Ampek tersebut.


Menurutnya, dalam event tersebut sangat banyak pelajaran adat minangkabau yang dapat diambil, selain itu. Pihaknya berharap agar upaya pelestarian adat seperti ini dapat dipertahankan kedepannya.


"Selaku niniak mamak anak nagori Koto Nan Ompek, kami sangat bersyukur event ini dari awal sampai akhir berjalan sukses dan lancar. Kita berharap momen-momen pelestarian adat seperti dapat dipertahankan sehingga tidak akan habis sampai disini saja. Sebab, banyak pelajaran adat minangkabau yang dapat diambil dari event ini oleh anak dan kemenakan kita nantinya,” tutur Almaisyar yang saat ini juga sebagai bakal calon walikota Payakumbuh periode 2024-2029.


Almaisyar juga menambahkan, "Satu Event satu nagari adalah inovasi terbaru dari disparpora kota Payakumbuh bekerjsama dengan lembaga-lembaga adat dan LKAAM di 10 nagari dalam melestarikan adat dan budaya minangkabau yang harus kita dukung bersama. Semoga kegiatan ini menjadi kalender tahunan disparpora, agar anak kemenakan kita bisa belajar adat-istiadat dalam event ini. Dan semoga event ini dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga lebih menyentuh kepada komponen dan elemen masyarakat,” Ungkap Almaisyar. (Arief Wisa)

Popular Posts