Tingkatkan Kesadaran Pajak, Pajak Kalbar Gelar Tax Center Expo.




Pontianak,MA- Kantor Wilayah DJP Kalimantan Barat mengadakan kegiatan Tax Center Expo 2023 dengan tema “Bersama Tax Center, Tingkatkan Kesadaran Pajak” di Gedung Konferensi 5 Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak (Senin, 11/12). 


Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pembina dan perwakilan anggota dari 14 (empat belas) Tax Center di lingkungan Kantor Wilayah DJP Kalimantan Barat.

Dalam sambutan dan pembukaannya, Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat Kurniawan Nizar mengatakan hadirnya Tax Center di perguruan tinggi dimaksudkan sebagai ekstensi pengkajian, pendidikan, pelatihan, dan sosialisasi perpajakan baik itu kepada lingkungan kampus, wajib pajak, maupun kepada masyarakat.


Secara holistik, tujuan utama Tax Center di sebuah Perguruan Tinggi adalah untuk membantu DJP menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran pajak masyarakat, dimulai dari lingkungan kampus itu sendiri,” ujar Nizar.

“Saat ini peran Tax Center masih terbatas dalam hal membantu DJP memberikan konsultasi dan bimbingan kepada Wajib Pajak pada saat Pelaporan Surat (SPT) tahunan. Ke depannya, peran Tax Center akan dioptimalkan dengan menambah pelatihan yang lebih teknis dan tidak sebatas asistensi SPT Tahunan,” lanjut Nizar.

“Perguruan Tinggi merupakan pihak ketiga yang paling ideal untuk meningkatkan kepatuhan pajak. Dalam konteks ini, Tax Center sebagai sub unit dari Perguruan Tinggi bisa menjadi pihak di tengah-tengah antara masyarakat atau wajib pajak dengan DJP sebagai otoritas pajak,” kata Nizar.


Selain mengadakan Lomba Olimpiade dan Lomba Penulisan Artikel oleh seluruh peserta Tax Center Expo 2023, Kanwil DJP Kalimantan Barat sekaligus memberikan penghargaan kepada Tax Center dengan kategori penghargaan ialah Tax Center dengan Media Sosial Teraktif yang diraih oleh Tax Center Universitas Tanjungpura, Tax Center Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan Tax Center Institut Shanti Bhuana.


Penghargaan kategori Peserta Kumpul Tax Center Teraktif diraih oleh Samsul dari Tax Center Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Jenifer Oktavoa dari Tax Center Universitas Widya Dharma dan kategori Tax Center Terbaik Tahun 2023 diraih oleh Tax Center Institut Shanti Bhuana dan Tax Center Universitas Widya Dharma.

Popular Posts