Terima Laporan Peristiwa Tanah Longsor Menimpa Rumah Warga, Babinsa Koramil 03 Suliki Langsung Turun Kelokasi




Kab.Lima Puluh Kota, MA - Usai terima laporan dari warga terkait peristiwa tanah longsor yang menimpa sebuah rumah warga, pada Sabtu (16/12/2023). Sertu Efendi Seorang Personil Babinsa Koramil 03 Suliki Kodim 0306/50 Kota. Langsung melakukan koordinasi bersama beberapa unsur dan instansi terkait untuk segera turun kelokasi bencana. 


Selain mengecek dan memantau langsung rumah yang tertimpa tanah longsor tersebut, personil Babinsa dengan dibantu beberapa instansi diantaranya pemerintah nagari, BPBDdan Polsek suliki juga langsung memberikan penanganan awal. 


Dalam keterangannya, Sertu efendi mengatakan peristiwa itu terjadi di kecamatan suliki. Dan  peristiwa longsor itu juga menimpa sebuah rumah warga yang mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian rumah warga yang merupakan seorang petani. 


" Kita telah mendatangi tempat kejadian untuk mengecek dan memantau keadaan rumah yang tertimpa tanah longsor, serta melakukan koordinasi dengan pemerintah Nagari dan instansi terkait untuk melakukan penanganan pasca terjadinya tanah longsor. Peristiwa itu terjadi tepatnya dilokasi Jorong Mudiak Liki Nagari Kurai Kecamatan Suliki." Terangnya


Babinsa tersebut juga menuturkan dari hasil pengecekkan, peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban luka atau nyawa. Namun menimbulkan kerusakan pada sebuah rumah milik warga.


"Dari hasil pengecekkan tidak ada korban luka maupun nyawa, walaupun Indra (40) yang merupakan pemilik rumah saat kejadian berada di dalam rumah tersebut. Hanya saja material tanah longsor menimpa dinding rumah sebelah sisi kanan rusak sedang hingga ruang tengah. Dan perkiraan kerugian masih ditaksir." Tuturnya. 


Personil Babinsa tersebut juga menambahkan, bahwa dalam situasi seperti ini. Yang sangat penting menurutnya adalah sinergi yang efektif antara personil Babinsa, Pemerintah Nagari, Bpbd dan Babinkamtibmas. Pihaknya juga menghimbau semua warga agar tetap tenang, namun juga selalu waspada bencana. 


"sinergi yang efektif antara Babinsa, Babinkamtibmas, pemerintah Nagari dan warga sangat penting. Hal itu guna secepat mungkin dapat memastikan keselamatan serta keamanan semua pihak. Dan berusaha sesegera mungkin dalam memberikan bantuan. Kita juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan agar tetap tenang, namun juga tetap waspada apabila terjadi hujan deras, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kondisi ini menguji solidaritas dan soliditas kita dalam menghadapi bencana" Tambahnya. (Arief Wisa)

Popular Posts