Pemerintah Targetkan Tahun 2024 Angka Stunting Turun Menjadi 14 Persen.

Tasikmalaya, MA - Dalam rangka “Kampanye Percepatan Penurunan” Stunting Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX yaitu Ibu Hj. Nurhayati Effendi, terus kawal permasalahan stunting yang berlangsung di Kec. Mangkubumi Kab. Tasikmalaya. Minggu, (19/11/2023). Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Nurhayati Effendi, menilai penanganan stunting merupakan investasi jangka panjang bagi sebuah bangsa. Pencegahan stunting merupakan salah satu prasyarat tercapainya visi terwujudnya generasi emas 2045 mendatang. Karena itu, pihaknya fokus dalam percepatan penurunan kasus stunting. Dalam sosialisasi tersebut, Anggota DPR RI Hj. Nurhayati menjelaskan bahwa persoalan stunting adalah masalah serius yang harus ditangani dengan benar-benar oleh pemerintah. “Seperti diketahui, stunting memiliki dampak negatif terhadap penderitanya. Bahkan bisa menurunkan kemampuan kognitif, kegegalan tubuh dan peningkatan risiko penyakit tidak menular.” Ujarnya.
Nurhayati mengingatkan pentingnya hidup memerhatikan kesehatan dan lingkungan bersih. Saat ini tengah ada yang menjadi perhatian fokus pemerintah yakni, menekan penyebaran stunting. Menjaga kesehatan dan memerhatikan kebersihan lingkungan dapat mencegah stunting.
Karena itu, menjadi penting bagi kalangan muda untuk memahami pencegahan stunting. Pencegahan dilakukan sebelum pernikahan, saat kehamilan, dan setelah anak lahir. Nurhayati juga mengajak kalangan muda menghindari pernikahan usia dini, “Rencanakan pernikahan dengan matang. Agar memiliki keluarga sehat, keturunan kuat. Menghindari anak terkena berisiko stunting”, ujarnya.  “Bangsa ini tengah dalam harap mendapat bonus demografi pada 2045, generasi emas. Namun, generasi emas itu terlahir dari generasi berkualitas”, sambungnya seraya menambahkan angka warga terkena stunting secara nasional mencapai lebih 24 persen. Pemerintah menargetkan pada 2024 mendatang bisa turun menjadi 14 persen.
Menurutnya, stunting masih jadi tantangan cukup besar Indonesia. Karena itu, pemerintah fokus tangani ini. “Kita di Komisi IX DPR RI mendukung program pemerintah ini. Rakyat Indonesia ke depan jauh lebih baik kondisinya” (yon) 

Popular Posts