Babinsa Serda Eko Saputra Lakukan Giat Kunjungan Posyandu Cempaka Bersama Ibu Camat Dan Jajaran

 


Pekanbaru - Babinsa Koramil 04/Lph Kodim 0301/Pbr Serda Eko Saputra melaksanakan giat Kunjungan Posyandu Cempaka di Jalan Lintas Timur KM 16 Kelurahan Sialang Rampai, RT 02/RW 07 Kecamatan Kulim, kota Pekanbaru.



Acara Kamis (16/11/2023) tersebut di hadiri Kasi Kesos Kecamatan, Ibu Camat Kulim, Kepala Puskesmas Kecamatan Kulim, Lurah Sialang Rampai, Kasi Kesos kelurahan, Kasi PPM kelurahan, Kader PPKBD Kelurahan Sialang Rampai, Kader ketua posyandu, Ketua RT/RW, dan Ibu- ibu beserta balita dan lansia.



Round down acara di mulai dari sambutan Ibu Camat Kulim, Sambutan Kepala Puskesmas, Sesi Tanya Jawab, dan di tutup dengan Doa.




Berikut ini Poin-Poin penyuluhan dalam acara Posyandu Cempaka tersebut :


1.Salah satu tonggak kesehatan ditentukan oleh kesehatan balita sebab sejak awal kehidupan Janin dan Balita merupakan modal dasar proses tumbuh kembang selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan. Hal ini berhubungan dengan interaksi genetik dan lingkungan.


2.Masa balita merupakan masa kritis dalam masa tumbuh kembang anak, karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa itu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada masa berikutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita, diantaranya adalah faktor genetik keturunan dan hormonal, baik pre natal maupun post natal. Stimulasi yang dilakukan secara terus menerus secara periodik oleh ibunya juga sangat mempengaruhi tingkat perkembangan.


3.Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bayi/balita yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan adalah dengan mengelola dan memanfaatkan Posyandu, karena Posyandu adalah milik masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan ditujukan untuk kepentingan umum. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kader-kader kesehatan yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Puskesmas mengenai pelayanan kesehatan dasar.


4. Memonitor kegiatan penimbangan dan pengukuran tinggi badan anak.


5. Mengecek para ibu yang sudah lanjut usia.


6. Penyuluhan jenis garam yg layak/tidak untuk di konsumsi (harus beryodium).



"Kegiatan selesai Pukul 11.00 wib dalam keadaan aman dan lancar," Tutup Serda Eko Saputra.

Popular Posts