Babinsa Peltu Huda Yudha dan Serda Eko Saputra Ikuti Acara Giat Kunjungan Posyandu Akasia Ceria

 

Pekanbaru - Babinsa Koramil 04/Lph Kodim 0301/Pbr Peltu Huda Yudha dan Serda Eko Saputra melaksanakan giat Kunjungan Posyandu Akasia Ceria di Jalan Cinta Damai Kelurahan Sialang Rampai RT 02, RT 04 dan RW 03 Kecamatan Kulim kota Pekanbaru.


Kunjungan Posyandu Sabtu (11/11/2023) di hadiri Ibu Camat Kulim Meliani Zunita, Kepala Puskesmas Tenayan Raya, Lurah Sialang Rampai, Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Ketua Posyandu dan anggota, Ketua RT/RW dan Ibu-ibu bersama Balita.



Acara di mulai dari sambutan Ibu Camat Kulim, sambutan Kepala Puskesmas, sesi tanya jawab dan di tutup dengan Doa.


Berikut penyuluhan posyandu yang di sampaikan :


1.Salah satu tonggak kesehatan ditentukan oleh kesehatan balita, sebab sejak awal kehidupan dari janin hingga ke balita merupakan modal dasar proses tumbuh kembang selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan. Hal ini berhubungan dengan interaksi genetik dan lingkungan.


2.Masa balita merupakan masa kritis dalam masa tumbuh kembang anak, karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa itu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada masa berikutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita, diantaranya adalah faktor genetik, keturunan dan hormonal, baik prenatal maupun post natal. Stimulasi yang dilakukan secara terus menerus secara periodik oleh ibunya juga sangat mempengaruhi tingkat perkembangan.


3.Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bayi/balita yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan adalah dengan mengelola dan memanfaatkan Posyandu, karena Posyandu adalah milik masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan ditujukan untuk kepentingan umum. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kader-kader kesehatan yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Puskesmas mengenai pelayanan kesehatan dasar.


"Kegiatan selesai Pukul 11.15 wib dalam keadaan aman dan lancar," Tutup Peltu Huda Yudha.

Popular Posts