BPBD Bersama Ketua TP. PKK OKU TIMUR Adakan Pelatihan KATANA.



OKU Timur,MA-Ketua TP. PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. didapuk menjadi narasumber dalam Pelatihan Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama TP. PKK Kabupaten OKU Timur. Kamis, 10 Agustus 2023.


Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Camat, Pengurus dan Anggota TP. PKK, Kades se-Kecamatan Belitang dan lainnya ini diselenggarakan di Aula Penginapan Helena Desa Sidodadi Kecamatan Belitang.


Dalam sambutan dan arahannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin yang dibacakan oleh Kepala BPBD OKU Timur Mgs. Habibullah, S.I.P., M.M. menjelaskan bahwa Kabupaten OKU Timur memiliki berbagai potensi bencana seperti banjir, karhutla, kebakaran, angin puting beliung dan juga tanah longsor.


"Salah satu bencana yang sering terjadi dalam skala rumah tangga adalah kebakaran, yangmana penyebabnya sendiri bersumber dari kelalaian manusia." Jelasnya.


Untuk itu, dalam upaya penanggulangan bencana, Bupati mengatakan perlunya dibentuk keluarga yang tangkas, tanggap dan tangguh, "Keluarga adalah organisasi terkecil yang diharapkan dapat menjadi benteng terhadap dampak bencana yang muncul maupun pencegahan terhadap bencana yang belum terjadi." Imbuhnya.


Bupati berharap, agar pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas keluarga terkait penanggulangan bencana di Kabupaten OKI Timur dan memberi pengetahuan praktis tentang penanggulangan bencana di lingkungan keluarga.


"Dengan kapasitas keluarga yang tinggi maka semakin baik pula kemampuan Kabupaten OKU Timur dalam kegiatan penanggulangan bencana baik pada tahap pra bencana yang berupa pencegahan dan kesiapsiagaan, tahap tanggap darurat maupun tahap pasca bencana." Tutupnya.


Selain itu, Kepala BPBD juga melaporkan bahwa pelatihan ini bertujuan sebagai langkah awal untuk meningkatkan kapasitas dan ketangguhan keluarga dalam penanggulangan bencana sebagai kunci utama mengatasi bencana yang terjadi di Kabupaten OKU Timur.


Selain dr. Sheila, pemateri dari kegiatan ini Ahmad Ariansyah yang merupakan Manajer UP3 Ogan Ilir.


Sementara itu, dalam materinya, dr. Sheila mengatakan bahwa salah satu program PKK di Pokja IV adalah gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.


Dirinya berharap anggota pkk dapat menjadi agen perubahan bagi keluarga dan lingkungannya, "Saya ingin TP. PKK dapat menggerakkan dan mengedukasi masyarakat serta mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui pilot project." Pungkasnya.(Kiwan).

Popular Posts