Waka Polres Aceh Tamiang, Mimpin Jumat Curhat Dengan Tokoh Masyarakat Kecamatan Tamiang Hulu


Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id 
Polres Aceh Tamiang efektif gelar kegiatan Jum'at Curhat guna mendengar secara langsung, keluhan kritikan, saran, serta masukan, secara tatap muka terkait kinerja polri. Jum'at Curhat kali ini   dipimpin Waka Polres Aceh Tamiang, Kompol Ichsan, SH, yang dilakukan  Warung Ada Kupi, Desa Perkebunan Pulo Tiga, Kecamatan Tamiang Hulu, pada Jum'at (07/07/2023).

Waka Polres Aceh Tamiang, Kompol Ichsan, SH, melalui Kasi Humas, AKP Untung Sumaryo menyampaikan, benar kali telah dilaksanakan kegiatan Jum'at Curhat diwakili Waka Polres Aceh Tamiang Kompol Ichsan, S.H. bersama tokoh masyarakat Kecamatan Tamiang Hulu di Warung Ada Kupi bertempat di Desa Perkebunan Pulo Tiga.

"Kegiatan Jumat Curhat tersebut merupakan salah satu program quick win Kapolri guna mendengarkan secara tatap muka atau langsung keluh kesah, saran dan masukan masyarakat terkait Harkamtibmas yang ada di Wilkum Polres Aceh Tamiang khususnya wilkum Polsek Tamiang Hulu," kata AKP Untung Sumaryo.

Kata Kasi Humas, tujuan kegiatan tersebut mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan masyarakat, endengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat terkait Harkamtibmas, mendengarkan secara langsung Saran dan masukan masyarakat terkait kinerja Polri khususnya Polres Aceh Tamiang, dan sebagai bentuk pengabdian Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Waka Polres Aceh Tamiang Kompol Ichsan, S.H kemudian dilanjutkan curhatan dari Toga, Todat dan Tomas, berikut ulasannya.

Pertanyaan, keluhan, serta kritik dan saran dari elemen masyarakat sangat menarik dan terfokus pada ancaman dan potensi Guantibmas serta mekanisme penyelesaian masalah serta informasi hukum dari para peserta yang hadir.

"Yang bertanya dan menyampaikan keluhan, MPU Kecamatan Tamiang Hulu, MDSK, Datok Penghulu, serta unsur lainnya dan semua diberikan upaya penjelesan oleh Waka Polres dan Kasat Reskrim," terang AKP Untung Sumaryo.

Tanggapan dari Waka Polres Aceh Tamiang, "Terkait pencurian TBS kelapa sawit atau brondolan buah kelapa sawit kita bersama masyarakat melakukan pencegahan terlebih dahulu dengan melakukan pembinaan, merangkul, dan mempekerjakan pemuda-pemuda kita di kampung," jelasnya.

"Ini merupakaan tanggung jawab bersama dalam mengurangi tindakan dan perbuatan pencurian di desa dan apabila ada permasalahan yang mengganggu kaamanan dan ketertiban juga dapat di selesaikan secara musyawarah yang melibatkan bhabinkamtibmas dan Babinsa," kata Kompol Ichsan, SH.

Menurut Waka Polres, terkait pembukaan lahan dapat kita usulkan ke kecamatan dan dapat juga mengundang pihak - pihak terkait guna mempelancar prosesnya.

Mengenai ketegasan pihak perusahaan terkait pencurian, lanjutnya, pihak perusahaan ingin upaya hukum harus di tegakan, agar ada efek jera kepada pelaku dan ada krateria  harus diproses dan di lanjutkan ke meja hijau.

Terkait ada minyak bumi di Kampung Alur Tani Dua sebaiknya koordinasi kepada pihak-pihak terkait ttg pengeboran/pengolahan minyak bumi karena ada resiko dan biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Tanggapan dari Kasat Reskrim Polres Aceh Tamiang menerangkan metode penyelesaian terkait proses hukum atas tindak pidana ringan dan tindak pidana umum lainnya sesuai keluhan peserta Jum'at Curhat.

Dalam kegiatan t,ersebut dihadiri, Kapolres Aceh Tamiang diwakili Waka Polres Kompol Ichsan S.H, Kabag Ops di wakili Kasubbag Bin Ops AKP Triswan Yani, Kabag Log diwakili Kasubbag bekpal Baglog AKP Tarmidi, Kabag Ren di wakili PS. Kasubbagstrajemen Iptu Muhammad Nur.

Berikut, Kabag SDM Polres Atam di wakili Kasubbag Binkar AKP Suwarna, Kasat Bimas Iptu Suripto, Kasat Reskrim AKP Rifki Muslim S.H.M.H, Kasat Intelkam Iptu Deny Albar SH.M.H, Kasiwas AKP Agus Djumonang P, Kasie Humas AKP Untung Sumaryo serta anghota.

Selanjutnya, Kapolsek Tamiang Hulu Iptu Nasri M Gultom S.Sos, Wakapolsek Ipda Eko Mulia Mananda, Camat Tamiang Hulu di wakili Kasi pemerintahan, Danramil 05/Thu di wakili Babinsa Eko Suparjo, Para Kasi, Ka SPK, Kanit dan Personil Bhabinkamtibmas Polsek Tamiang Hulu, 

Serta, MPU Kecamatan Tamiang Hulu M. Sidik, Ketua Mukim Kaloy Zainal Sukri, para Datok Penghulu dan Perangkat Kampung se-Kecamatan Tamiang Hulu, Toga, Todat, Tomas dan Masyarakat.(Eri Efandi).

Popular Posts