Sekda Jalan Berutu Terima Audensi Pengurus Lembaga Adat Pakpak kabupaten Asahan.



Pakpak Bharat,(SUMUT)-MA:Bupati Pakpak Bharat, Franc Benrhard Tumanggor melalui Sekretaris Daerah, Jalan Berutu, S.Pd, MM mengatakan bahwa jati diri sebagai seorang Pakpak harus dipertahankan.


Hal ini disampaikan saat menerima Audensi Pengurus Lembaga Adat Pakpak Kabupaten Asahan (Persatuan keluarga Pakpak Asahan) di Ruang Kerja Sekretaris Daerah, kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat.


Menurut Bupati, Pakpak ini semakin terlihat jatidirinya terutama dengan adanya Kabupaten Pakpak Bharat, melihat saat ini justru merasa rugi kalau tidak menggunakan marga Pakpak.


“Ini sangat bagus, beda dengan dulu yang justru seringkali mengganti identitas kepakpakannya, saya berterimakasih atas kunjungan Lembaga Adat Pakpak Kabupaten Asahan, agar Suku Pakpak ini semakin muncul dan semakin dikenal orang,” ujarnya.


Lebih lanjut dikatakan, bahwa Pemkab Pakpak Bharat akan terus mendukung dan akan berupaya terus Agar suku, budaya,dan adat Pakpak semakin dikenal oleh daerah lain.


“Seperti di kabupaten Asahan dan sekda diakhir pertemuan juga mengatakan “Nanti akan kami lihat bahagian mana yang bisa kami bantu,” tutup Bupati.


Ditempat sama, Ketua Lembaga Adat Pakpak Asahan, Salman Berutu menjelaskan eksistensi Suku Pakpak dengan adanya Persatuan keluarga Pakpak Asahan.


“Sekarang kian terlihat nyata mewarnai perjalanan Kabupaten Asahan yang dikenal sangat menjunjung tinggi nilai Budaya dan seluruh etnis yang ada di sana,” ujarnya.


Salman mengaku sangat berbangga hati, manakala Pemerintah Asahan telah menyerahkan sebidang tanah kepada kami selaku Pengurus Lembaga Adat Pakpak Asahan.


“Nantinya tanah tersebut akan dipergunakan sebagai lokasi pembangunan Rumah Adat Pakpak di tanah Asahan,” jelas dia.


Sebagai informasi, Sekda pakpak Bharat didampingi plt Asisten Administrasi dan Pembangunan Setda Pakpak Bharat Sahat P Boangmanalu Spd. MM menerima kunjungan Audensi dari pengurus Lembaga Adat Pakpak kabupaten Asahan


Pertemuan tersebut dalam rangka membahas banyak hal terkait mempertahankan adat dan budaya Pakpak sebagai jati diri suku Pakpak DI daerah lain termasuk di kabupaten Asahan.(Jandry).

Popular Posts