Pantai Teluk Penyu Dibersihkan 850 kg Sampah Terkumpul.



Cilacap, MA - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap yang merupakan anak usaha SIG, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Satuan Kerja Pemerintah Daerah ( SKPD) Kabupaten Cilacap, pelajar, mahasiswa, pecinta lingkungan dan  warga nelayan melakukan bersih-bersih pantai Teluk Penyu Cilacap, Jumat 9 Juni 2023.


Dua tokoh masyarakat, Tarso (46), Ketua RW 15 Kelurahan Cilacap dan Tukimin (42), Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang menyambut gembira adanya kegiatan bersih-bersih pantai Teluk Penyu. "Ini kehormatan bagi kami sebagai warga yang sehari hari memanfatkan pantai Teluk Penyu. Kebersihan pantai menjadi tanggungjawab  dan kewajiban kita bersama untuk menjaganya agar tetap nyaman, bersih dan indah" ujarnya. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Sri Murniyati memberikan apresiasi  atas keterlibatan semua pihak dalam acara bersih - bersih pantai. "Kebersamaan ini harus kita rawat. Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah salah satu momen kebersama dimana kita membina kebersamaan dan sekaligus menjaga lingkungan tetap nyaman dan bersih," tegasnya. 


Sebelumnya, pada 5 Juni 2023, SBI telah melaksanakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dengan  Aksi Sedekah Sampah Bersama. Para karyawan memilah sampah dari rumah dan area kerja sehingga terkumpul sampah plastik sebanyak 98 kg, kardus 774 kg, botol kaca 36 kg, besi 13 kg dan jelantah 9 liter. Semua hasil pengumpulan sampah disumbangkan kepada tiga bank sampah. 


Acara bersih-bersih pantai yang dimulai pukul 06.30 WIB, diikuti oleh lebih dari 200 peserta dan terkumpul 850 kg sampah. "Sampah yang terkumpul dan bernilai ekonomis akan diserahkan kepada bank sampah dan sisanya akan dikirim ke TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) untuk diolah menjadi RDF di Jeruklegi", jelas Dewi Hestyani, Community Relations Manager SBI.


Pantai Teluk Penyu adalah salah satu lokasi pantai di Cilacap yang banyak dikunjungi masyarakat untuk berwisata, daya dukung yang menjadi kekuatan sebagai tempat wisata diantaranya akses jalan yang bagus dan lebar, melimpah produk oleh oleh berbasis hasil tangkapan nelayan, pantai yang landai, gemuruh ombak pantai selatan serta indahnya pemandangan langit pantai kala terbit dan terbenamnya matahari. (Pour).

Popular Posts