Kepala BPSDM Prof Dr. Luthfiyah : Jaga Kekompakan Dalam Tubuh FKPLD


KENDAL | MA 
-  Pendamping Lokal Desa (PLD) masih relevan dipertahankan karena tugas dan fungsinya sangat dibutuhkan, selain mendampingi juga mengawal dan memotivasi kemajuan desa.


Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (MPDDTT), Prof.Dr. Luthfiah Nurlaela saat menghadiri acara Kopdar dan refleksi pendamping lokal Provinsi Jawa Tengah di Stadion Utama Kebondalem Kendal pada Rabu (17/5/2023).


Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela meminta, PLD yang terwadahi dalam Forum Komunikasi Pendamping Lokal Desa (FKPLD) ini untuk terus dipertahankan kekompakan untuk membangun integritas hingga bisa melaksanakan kerja pendampingan desa lebih baik dan profesional.


Selain itu dikatakan, hasil kinerja Pendamping Lokal Desa akan dievaluasi setiap bulan, apakah menghasilkan dampak positif bagi kemajuan desa. Tetapi apabila dilihat bahwa desa yang didampingi itu tidak terlihat ada kemajuannya, PLD akan diberikan peringatan dan penilaian buruk.


“Tugas mereka, setiap bulan harus melaporkan data-data kegiatan secara online, selain melakukan revisi-revisi,” jelasnya.


Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki hadir mewakili Bupati Kendal menyampaikan ucapan, selamat datang kepada Prof.Dr. Luthfiah Nurlaela sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Desa Tertinggal dan Transmigrasi PDTT Dr. Ivanovich Agusta, Pengasuh Ponpes AP ASRI Tegal Magelang, KH. Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf), Para Kepala Desa dan Sekretaris Desa Inspiratif dan koordinator serta Pendamping Lokal Desa se Jawa Tengah yang hadir pada acara hari ini.


Windu Suko Basuki kepada FKPLD Jawa Tengah, mengatakan selamat beraktivitas dalam tugas dan fungsinya untuk mendampingi desa dan dalam forum ini untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan diri dan saling menimba pengalaman untuk bekal dalam melaksanakan tugas pendampingan lokal desa.


Selain juga untuk media promosi potensi desa dan hasil produk unggulan desa yang didukung melalui BUMDes atau BUMDesa.


Harapannya melalui kegiatan ini, dengan komunikasi, silaturahmi, bertukar ilmu dan informasi dapat saling menguatkan dan terbangunnya sinergitas antar PLD.


Windu Suko Basuki kepada seluruh tenaga pendamping desa yang hadir untuk bekerja secara sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya dengan keikhlasan sehingga apa yang dilakukannya benar-benar bermanfaat bagi perkembangan desa dan kesejahteraan masyarakat desa.


(Khozin)

Popular Posts