HUT BHAYANGKARA KE-77, Polres Payakumbuh-Pertamina Sumbar Bangun Rumah Baru Untuk Seorang Wanita Tua Warga Payakumbuh.



Payakumbuh, MA - Menyambut hari ulang tahun Bhayangkara ke-77 yang jatuh 1 Juli 2023 mendatang, Kepolisian Resor Payakumbuh bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga Sumatera Barat dan Pemkot Payakumbuh, membangun rumah baru untuk keluarga Deswita (50).


Deswita, adalah janda miskin yang tinggal di gubuk ukuran 2x3 meter beralaskan tanah. Rumah papan itu, terletak di Koto Panjang Dalam, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari, Kota Payakumbuh.


Rabu (21/06/2023) siang, rumah yang ditinggali Deswita bersama 8 anak dan cucu tersebut, resmi dikerjakan untuk dibangun baru. “Bukan lagi kita bedah, tapi bangun baru dengan ukuran 6,5x8,5 meter,”  kata Kapolres Payakumbuh Ajun Komisaris Besar Wahyuni Sri Lestari, dalam sambutannya di acara peletakan batu pertama.


Peletakan batu pertama rumah baru untuk keluarga Deswita, dihadiri Pj Walikota Payakumbuh Rida Ananda serta OPD terkait  dan SAM Pertamina Patra Niaga Sumbar Narotama Aulia Fazri diwakili SBM Rayon IV Pertamina Sumbar Yudhistira. 


Menurut Kapolres Sri Wahyuni, pembangunan rumah baru untuk Deswita dan anak cucunya yang berjumlah total 9 orang, dilakukan berkat kerjasama Polres Payakumbuh dan Pertamina Sumbar, Hiswana Migas Kota Payakumbuh serta Pemkot Payakumbuh. 


Hadir pula dalam kegiatan ini, perwakilan SPPBE Payakumbuh Jack Petto dan Koordinator Agen Gas LPG Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumbar untuk Payakumbuh, Muhammad Bayu Vesky dari PT Abinaya Sukma Persada. 


Selain itu, hadir seluruh pemilik agen gas LPG  di Payakumbuh masing-masing PT Warga, PT Denabila Gasindo, PT HBN, PT Kelok Sembilan Gemilang serta PT Cahaya Alfa Group.


“Kolaborasi antara Polres Payakumbuh dengan Pertamina Sumbar, teman-teman Hiswana dan Pemkot Payakumbuh dipimpin pak Wako Rida Ananda, membuahkan hasil dengan bedah rumah hari ini, semoga bermanfaat,” kata Kapolres.


SBM Pertamina Patra Niaga Rayon IV Sumbar Yudistira dalam sambutannya mengaku, Pertamina Sumbar dan para mitra (pelaku usaha) akan terus komitmen, mensupport kegiatan sosial di tengah masyarakat. Termasuk mengintegrasikan dengan instansi terkait seperti Kepolisian dan Pemerintah Daerah.


Sebelum menggelar pembangunan rumah baru bersama Polres Payakumbuh dan Pemko Payakumbuh dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77, tempo hari Pertamina Sumbar dan Hiswana Migas Payakumbuh dan 50 Kota juga menggelar kegiatan serupa dengan Polres 50 Kota.


“Kami mengapresiasi inisiasi Ibu Kapolres Payakumbuh dan pak Bhabinkamtibmas serta pak Kapolsekta , atas kegiatan ini. Semoga menginspirasi semua pihak, untuk bahu membahu mencari jalan keluar kebuntuan masyarakat,” kata Yudistira.


Setali tiga uang, Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda juga mengapresiasi langkah Kapolres Payakumbuh yang menginisiasi kegiatan ini bersama Pertamina Sumbar dan Hiswana Migas di Kota Payakumbuh. “Sejalan dengan arahan bapak Presiden Jokowi, terkait menekan kasus kemiskinan, ini jadi program Pemkot,” kata Rida Ananda.


Menurut Rida Ananda, Pemkot tidak bisa bekerja sendirian. Butuh support dari para pihak lainnya. “Kami sekali lagi, terimkasih kepada Ibu Kapolres dan Pimpinan Pertamina Sumbar yang sering mensupport kegiatan di Pemko. Nanti perihal rumah baru ini, PDAM sudah kita siapkan juga, PLN nanti urusan listriknya kami komunikasikan,” kata Rida Ananda.


Acara peletakan batu pertama rumah baru untuk warga miskin ini, mendapat dukungan tokoh masyarakat di Payakumbuh.

Mereka memuji langkah Kapolres dan Pertamina Sumbar serta Pemko Payakumbuh. (Arief Wisa).

Popular Posts