Untuk Menampung Aspirasi Masyarakat Polres Aceh Tamiang, Laksanakan Jumat Curhat


Aceh Tamiang—mediaadvokasi.id
Polres Aceh Tamiang kembali giat Jum'at Curhat guna mendengar langsung dan tatap muka dengan masyarakat ingin menyampaikan aspirasi terhadap polri dan seputarannya.

Giat menampung aspirasi masyarakat dan tokoh masyarakat serta unsur pemerintahan Desa berlangsung di warung kopi Bang Agam, Desa Sekerak Kanan, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang, pada Jum'at (05/05/2023).

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Muhammad Yanis, SIK, MH, melalui Kasi Humas, AKP Untung Sumaryo menyampaikan, telah di laksanakan kegiatan Jumat Curhat oleh Kapolres Aceh Tamiang yang diwakili Wakapolres, Kompol M.Arief Sanjaya, SH. bersama masyarakat dan tokoh masyarakat.

"Jumat curhat tersebut merupakan salah satu program quick win Kapolri guna mendengarkan secara tatap muka/langsung keluh kesah,saran dan masukan Masyarakat terkait Harkamtibmas yang ada di Wilkum Polres Aceh Tamiang," kata AKP Untung Sumaryo.

Beberapa curhatan para datok dan tokoh masyarakat, Ketua Forum datok se-Kecamatan Sekerak Abdul Manan, ia menyampaikan Permasalahan di Kecamatan Sekerak ini umumnya adalah Banjir dan Tanah Longsor serta Pencurian Hewan Ternak.

Datok Lubuk Sidup Ibrahim, berharap ada nya patroli atau di galak kan kembali ronda pada tiap perkampungan guna meminimalisir tindak pidana kejahatan, "Harapan kami agar Tipiring seperti pencurian buah kelapa sawit dapat diselesaikan di Desa dulu agar marwah kami sebagai Datok dapat dihargai oleh masyarakat setempat, demikian pintanya.

Adapun beberapa tanggapan dari Pihak Polres Aceh Tamiang dan Polsek Karang Baru diantaranya yaitu sebagai berikut, 

Wakapolres Aceh Tamiang Kompol Ahmad Arief Sanjaya adalah sebagai berikut, "Saya sangat mendukung dengan saran pak datok karena berdasarkan undang-undang no 2 tahun 2022 upaya hukum merupakan upaya terakhir setelah Harkamtibmas, melindungi dan melayani, " katanya.

Lanjut Wakapolres, Saat ini kita ada bhabinkamtibmas dan Rumah Restoratif justice serta Qanun no 9 Tahun 2008 tentang pembinaan kehidupan adat dan adat istiadat sehingga tipiring dan masalag ringan seharusnya diselesaikan terlebih dahulu di Desa melalui Musyawarah Yang didampingi Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa," jelas Kompol Muhammad Arief Sanjaya.

Ia meminta agar Kapolsek Karang Baru mengalakkan kembali Patroli baik dialogis maupun rutin demikian juga Agar para datok menghidupkan kembali Poskamling.

"Saya akan memanggil Pihak Perusahaan untuk membahas masalah Restoratif justice ini dan Kepada para kabag, kasat dan Kapolsek agar apa yang menjadi curhatan kita untuk segera ditindak lanjuti dan laporkan hasil tindak lanjutnya kepada saya," harap Wakapolres.

Tanggapan dari Kapolsek Karang Baru Iptu Surya Darma Sofyan, SH, untuk Giat Patroli kami sudah terjadwal dan terkoordinir dan setiap hari Personel Kami melaksanakan Patroli di Wilkum Polsek Karang Baru.

Maksud dan tujuan kegiatan yaitu, Silaturahmi antara Para PJU Polres. Aceh Tamiang dengan Masyarakat, mendengarkan secara langsung keluh kesah masyarakat terkait Harkamtibmas, dan mendengarkan secara langsung Saran dan masukan masyarakat terkait Kinerja Polri khususnya Polres Aceh Tamiang.

Dan juga sebagai bentuk pengabdian Polri dalam Harkamtibmas, melindungi,mengayomi dan melayani masyarakat.

"Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan terkendali," tutup Kasi Humas.

Jumat curhat tersebut dihadiri, Kapolres Aceh Tamiang diwakili oleh Wakapolres Aceh Tamiang Kompol Ahmad Arief Sanjaya, SH, Kabagren Polres Aceh Tamiang Kompol Nastuti Ariani Nasution, S. Ag, Kabag Log Polres Aceh Tamiang Kompol Yusrinaldi, Kabag Ops diwakili Kasub Bag Bin Ops AKP Triswan Yani.

Berikut, Kasub Bag Kerma AKP Iswandi, SH, Kabag SDM Polres Aceh Tamiang AKP Immarsal, SE, Kasat Binmas Polres Aceh Tamiang AKP S. Purba, SH, Kasie Propam Polres Aceh Tamiang AKP Syahrial, SH, Kasat Lantas Polres Aceh Tamiang AKP iwan Haji, S. Pd, M. Si, Kasat Narkoba diwakili oleh KBO Narkoba Iptu Asril, SH.

Selanjutnya, Kasat Samapta diwakili Panit Turjawali Ipda T.Abdul Rajak, Kasiewas Polres Aceh Tamiang AKP Agus Djumonang, Kasie Humas Polres Aceh Tamiang AKP Untung Sumaryo, Kasat Intel Polres Aceh Tamiang diwakili KBO intel Ipda Edi Zulfakri, Kapolsek Karang Baru Iptu Surya darma Sofyan, SH, dan Danramil 02 Karang Baru yang diwakili Sertu M.Syarif.

Serta Camat Sekerak Saftian Putra Katamu, S.STP, M. AP, Ka Pos Pol Sekerak Aiptu Syahrial, SH, Ketua forum Datok se-Kecamatan Sekerak Abdul Manan, Para datok penghulu Se kecamatan Sekerak, Tokoh masyarakat, Staff Polres Aceh Tamiang dan Staff Polsek Karang Baru.(Eri Efandi).

Popular Posts