Disela Rapat Dengan PJ Bupati Kampar,Ninik Mamak Desa Senama Nenek Menyampaikan Aspirasi Kepada Aliansi Peduli Masyarakat Terkait Perusahaan Inti Kamparindo Sejahtera!!!


 Bangkinang|MediaAdvokasi - Penjabat (Pj) Bupati Kampar DR. H. Kamsol, MM menerima audiensi perwakilan Ninik Mamak Kenegerian Senama Nenek di ruang rapat lantai II Kantor Bupati Kampar(Rabu/10/05/2023)sekira pukul 11.30 WIB siang.Dalam acara ini tampak juga hadir mendampingi Pj Bupati Kampar Kapolres Kampar yang diwakil Kabag Ops Materika, Kapolsek Tapung Hulu Nurman, SH, MH, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M, Si, Asisten Bidang Pemerintah Hukum dan Kesra Ahmad Yuzar, Kepala Kesbangpol Kampar Mahadi, perwakilan Dinas Perkebunan Kampar, Camat Tapung Hulu Wira Satra.


Dalam arahannya Pj. Bupati Kampar menyampaikan, Ninik Mamak sebagai garda terdepan untuk mengayomi anak kemenakan dalam segala hal, Ninik mamak juga dapat memberikan masukan, nasehat kepada anak kemenakan dalam mengambil sebuah keputusan atau tindakan agar tidak berakibat pelanggaran hukum.


Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Kampar ketika menerima Audiensi bersama Ninik Mamak Kenegerian Senama Nenek perihal permasalahan antara Perusahaan Inti Kamaprindo Sejahtera (IKS) dengan masyarakat Desa Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu.


Selanjutnya Kamsol menyampaikan, selaku Ninik Mamak juga dapat memberikan pemahaman dan pengertian kepada anak kemenakan tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban didaerahnya masing-masing sehingga dapat menghindari dari konflik sosial yang akan timbul didaerahnya.


Kamsol juga menyampaikan, pihak Pemerintah Daerah selaku Pemerintahan tertinggi di Kabupaten Kampar tentu akan tetap memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakatnya, dan Pemerintah Daerah juga akan terus berupaya memfasilitasi konflik sehingga konflik sosial tersebut tidak meluas dan menjadi sorotan banyak pihak.


Pj. Bupati Kampar itu juga menyampaikan semua persoalan dimasyarakat dengan pihak perusahaan dapat diselesaikan dengan kekeluargaan, mencari solusi terbaik disetiap permasalahan sehingga konflik atau kekerasan didaerah dapat dihindari.ucap kamsol.


Disela-sela waktu istirahat, Sartunis Ketua Aliansi Peduli Masyarakat berdiskusi dengan Ninik Mamak Desa Senama nenek untuk mendengarkan sejumlah aspirasi dari pemangku adat kenegerian Senama Nenek mereka menyampaikan bahwasanya mereka berharap sekali kepada pemerintah kabupaten Kampar untuk betul-betul serius menyelesaikan konflik yang terjadi saat ini.


Jujur, hingga saat ini kami selaku pemangku adat kenegerian senama nenek merasa di rugikan dan di lecehkan oleh pihak perusahaan Inti Kamparindo Sejahterah yang dengan nada arogan nya menyampaikan atau memerintahkan kami untuk melaporkan perusahaan nya itu ke pihak yang berwajib.Sehingga seolah-olah kita yang selaku pemangku adat beserta anak kemanakan yang mengemis di bumi tumpah darah kita sendiri.



Kami berharap, kepada senator Edwin Pratama Putra selaku anggota Senator DPD RI dan juga Aliansi Peduli Masyarakat(APM) Kabupaten Kampar untuk terus ikut serta membantu dan mengawal proses penyelesaian konflik antara PT IKS dengan para pemangku adat kenegerian senama nenek dan anak kemanakan . Sehingga lahan terlantar yang di duga di serobot oleh perusahaan tersebut bisa di kembalikan ke masyarakat senama nenek untuk di fungsikan.

Popular Posts