Pemkab Aceh Selatan Gelar Musrembang Penyusunan RKPD 2024


Aceh Selatan-mediaadvokasi.id  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024 resmi dibuka dengan mengusung tema “Menetapkan kesejahteraan sosial ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan industri pengolahan yang memperhatikan kelestarian lingkungan serta menyukseskan Agenda pemilu serentak”, di Aula Bappeda Lt. III, Tapaktuan, Kamis (6/4/2023).

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Forkopimda Plus Kabupaten Aceh Selatan, Kepala Dinas Pengairan Aceh Ade Surya ST, Kepala Bappeda Aceh diwakili Kabid Litbang Dr. Ema Alemia, Pemerintah Kabupaten/Kota Tetangga yaitu Pemkab Aceh Barat Daya dan Pemkab Aceh Singkil, Para Asisten, Kepala SKPK, Camat, Pimpinan Instansi Vertikal, Tokoh Masyarakat dan Mitra Diskusi, serta Insan Pers.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengatakan pelaksanaan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan atau bias akita sebut dengan Musrenbang, dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024, merupakan salah satu tahap akhir dari proses perencanaan pembangunan kabupaten Aceh Selatan.

Tahun 2024 merupakan tahun pertama dari rencana daerah atau “RPD” tahun 2024-2026, sebagaimana instruksi Menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan dan pembangunan daerah, bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 serta daerah otonom baru. Ucap Bupati.

Lanjutnya, melalui musrenbang ini pula, diselaraskan program dan kegiatan antar opd, agara pencapaian sasaran dapat lebih optimal sesuai dengan kewenangan masing-masing. Hal tersebut kemudian akan dituangkan dalam berita acara dan resume yang menjadi dasar dalam rancangan akhir RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024.

Penting untuk kita ketahui Bersama, bahwasanya laju pertumbuhan ekonomi kabupaten Aceh Selatan Tahun 2022, meningkat mencapai tiga koma sebelas persen (3,11%), dibandingkan tahun 2021 angka ini terus membaik. Namun tentunya perlu menjadi perhatian kita semua, agar laju pertumbuhan ekonomi ini terus meningkat pada tahun 2024 yang akan datang, tambah Beliau.

Selain itu, persentase penduduk miskin kabupaten Aceh Selatan pada Tahun 2022 berada pada angka dua belas koma empat puluh tiga persen (12,43%), ditargetkan dapat terus ditekan hingga sebelas koma Sembilan puluh persen (11,90%) pada tahun 2024.

Selanjutnya indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2022, adalah enam puluh tujuh koma delapan puluh tujuh persen (67,87%), dengan upaya kita bersama, diharapkan meningkat menjadi enam puluh Sembilan persen (69%) pada Tahun 2024. Tutup Tgk. Amran.(@)

Popular Posts