Cabang Dinas Pendidikan Salurkan Bantuan Kemanusiaan Korban Kebakaran Pining

Gayo Lues - Mediaadvokasi.id
Dinas Pendidikan Aceh, Cabang Dinas Wilayah Gayo Lues memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban kebakaran di Dusun Lah, Kampung Pining, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Rabu (05/04/23). 

Bantuan yang di berikan kepada para korban adalah Kitab Suci Al-Qur’an 50 buah, Kompor Gas lengkap dengan selang dan tabungnya sebanyak 9 unit, beras 6,5 Kaleng, pakaian layak pakai dan uang tunai sejumlah Rp 8.270.000. 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kacabdin Wilayah Gayo Lues Basri, S. Pd beserta para staf, Pengawas Sekolah Ibu Dra. Anizar Sahali, Kepala SMAN 1 Blangkejeren Ibu Aguswati Gulo, M. Pd yang diwakili oleh Kesiswaan Ibu Darmawati, S. Pd beserta dewan guru, Ketua Osis SMAN 1 Blangkejeren Sayang Arifin beserta anggota, Pengurus Forum Anak Kabupaten Silawarti. 

Kepala SMAN 1 Blangkejeren Ibu Aguswati Gulo, M. Pd melalui Kesiswaan Darmawati, S. Pd yang turun ke lokasi mengatakan, kegiatan ini selain untuk menghibur dan membantu para korban kebakaran juga sebagai salah satu bentuk proses pembelajaran kepada anak-anak (Siswa/I SMAN 1 Blangkejeren) agar selalu membantu antar sesama. Menumbuh kembangkan pendidikan karakter, yaitu membantu antar sesama terutama kepada orang yang mengalami musibah seperti ini. Oleh karena itu kami sengaja membawa anak-anak kami ke lokasi musibah ini agar tumbuh sifat saling peduli, saling membantu dan peka terhadap masalah sosial seperti ini. 

"Ini merupakan program sekolah yang rutin diadakan setiap tahun, walaupun tidak ada terjadi kebakaran kita tetap melakukan baksos ketempat terpelosok, terpencil yang membutuhkan kegiatan bakti sosial," ujar Darmawati, S. Pd. 

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Gayo Lues Basri, S.pd di lokasi mengatakan kepada media ini bahwa, kehadirannya bersama rombongan sebagai bentuk prihatin sekaligus membawa bantuan kepada para korban kebakaran untuk meringankan beban korban baik secara fisik maupun materil.

Basri S. Pd mengatakan, ada 8 sekolah yang pada hari ini bergabung yang bisa hadir pada kesempatan hari ini yaitu SMAN 1 Blangkejeren dengan bantuan yaitu, uang tunai sebesar Rp 3.875.000, kompor gas 2 paket (kompor, tabung gas isi 3 kg, selang), beras 3,5 kaleng (sekitar 56 kg), Al-Qur'an 50 buah, buku Yassin 10 buah, pakaian layak pakai, dan lain-lain.

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues 2 paket kompor gas, SMAN 1 Blangjerango 2 paket kompor gas, pakaian layak pakai, beras 3 kaleng (sekitar 48 kg), dan uang tunai sebesar Rp 400.000.

SMAN Seribu Bukit uang tunai senilai Rp 2.575.000, SMAN 1 Kutapanjang Kompor gas 2 paket, uang tunai sebesar Rp 120.000, SMAN 1 Terangun uang tunai sebesar Rp 520.000, SMAN 2 Blangkejeren uang tunai sebesar Rp 200.000, SMKN 2 Blangkejeren kompor gas 1 paket dan uang tunai sebesar Rp 30.000, dan SLB Pembina Blangkejeren uang tunai sebesar Rp 550.000. 

"Sebelumnya sudah ada beberapa sekolah yang hadir memberikan bantuan secara mandiri dari jenjang SMA SMK. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua warga sekolah kami yang sudah berpartisipasi untuk meringankan luka dari pada saudara kita yang terkena musibah kebakaran di Kecamatan Pining ini," ujar Kacabdin.

Beliau berharap kepada korban agar bersabar karena ini adalah ujian yang diberikan Allah SWT kepada para korban tentunya ini ada hikmahnya. Dengan hadirnya kita disini untuk saling melengkapi bahwa saudara saudara yang terkena musibah ini tidak sendiri, banyak saudaranya yang hadir untuk meringankan bebannya. Sehingga harapannya nanti baik dari kita disini, masyarakat maupun Pemda membantu supaya hunian para korban kebakaran ini dapat segera dibangun kembali.

Selain itu, juga ikut berpartisipasi dari perkumpulan siswa Se- Gayo Lues memberikan bantuan berupa uang tunai senilai Rp 2.870.000 yang khusus diberikan kepada korban yang meninggal dunia atas nama Putri Handayani seorang pelajar kelas 2 SMP calon Hafidzah. (Hendri Gunawan). 

Popular Posts