PMI Cilacap Gelar Operasi Katarak Gratis Sasar Warga Kurang Mampu.



Cilacap, MA-Puluhan warga Cilacap, Jawa Tengah mengikuti operasi katarak gratis yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap, Sabtu dan Minggu (4 dan 5/3/2023).

Operasi katarak secara gratis ini merupakan salah satu kegiatan bakti sosial PMI Kabupaten Cilacap dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-167 Kabupaten Cilacap.

Operasi katarak yang dilaksanakan di Klinik Pratama Rawat Inap PMI Cilacap di Kalisabuk, Kesugihan tersebut dibuka Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar.

Operasi katarak dilakukan karena banyaknya kasus penyakit katarak di Kabupaten Cilacap.

"Kita adakan operasi katarak ini gratis untuk masyarakat, tidak dipungut biaya. Total ada 99 pasien yang telah mendaftar dan akan dioperasi pada hari ini (Sabtu) dan besok (Minggu) yaitu di 2 rumah sakit, yakni RSUD Cilacap dan Majenang," kata Pj Bupati saat membuka acara.

Bahwa operasi katarak gratis ini menyasar kepada warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Cilacap serta tidak memiliki BPJS.

Sasaran utama operasi adalah warga yang kurang mampu. Tetapi bukan berarti yang mampu tidak dilayani. "Prinsipnya kalau bersedia silakan, dan kita layani," ungkap orang nomor satu di Kabupaten Cilacap itu.

Sementara, Ketua PMI Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf menyampaikan, operasi katarak gratis merupakan salah satu program prioritas PMI di tahun 2023.

"Untuk hari ini ada sekitar 54 orang pasien yang akan menjalani operasi di RSUD Cilacap. Dan sisanya 45 pasien besok (Minggu) di RSUD Majenang," jelasnya.

Para pasien tersebut sebelumnya menjalani screening terlebih dahulu, baru kemudian diantar menuju RSUD Cilacap menggunakan mobil PMI untuk menjalani operasi katarak.

"Setelah dioperasi, mereka diwajibkan kontrol, nggak apa-apa kalau mau langsung pulang ke rumah tapi besok datang lagi ke RSUD untuk check up. Dan bagi yang mau menginap silakan, kita siapkan. Untuk makan dan sebagainya juga nanti kita siapkan, ada dapur umum," kata Farid.

Mantan Sekda Cilacap itu menambahkan, operasi katarak gratis sebelumnya telah dilaksanakan oleh PMI Cilacap dalam rangka HUT ke-77 PMI pada Oktober 2022 sebanyak 106 pasien.

"Ini instruksi dari Bu Pj Bupati supaya diadakan (operasi katarak) dalam rangka Hari Jadi ke-167 Kabupaten Cilacap. Selain itu, ini uang dari masyarakat dan kita kembalikan ke masyarakat," tutup Farid Ma'ruf.

Direktur RSUD Cilacap dr Ichlas Riyanto menandaskan, hari ini  memang ada screening. Terdaftar 53 orang. Nanti yang sudah di-screening, yang benar-benar penyakit katarak dan kondisi badannya itu memenuhi untuk dioperasi, langsung dioperasi di RSUD Cilacap," katanya, Sabtu (4/3/2023).

Menurutnya, sudah ada 3 orang yang tidak layak operasi karena kondisinya, dan juga ada yang memang bukan penyakit katarak, langsung diambil tindakan medis, dan dirujuk ke RSUD Cilacap. (Pour)

Popular Posts