Melalui WhatsApp Meurah Budiman Membenarkan Aceh Tamiang Tidak Termasuk Kabupaten Intoleran Beragama


Aceh Tamiang–mediaadvokasi.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang, tidak termasuk kabupaten intoleran [Tidak ada tenggang rasa] dalam kehidupan beragama, sebaliknya kerukunan umat beragama berjalan begitu selaras, antar sesama penganut.

Begitu ditegaskan Penjabat (PJ) Bupati Pemkab Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH. Kepada awak media, pada Jumat, (03/03/2023) melalui aplikasi WhatsApp di Jakarta.

Kata Meurah, saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Novotel Hotel, Jakarta pada Rabu, (01/03/2023) lalu.

“Benar, Pemkab Aceh Tamiang tidak termasuk dalam Kabupaten Intoleran beragama. Dan itu atas penilaian serta evaluasi Pemerintah Pusat terhadap kita. Ini patut dipertahankan, apalagi masyarakat Tamiang itu Heterogen, multi Ras dan Agama yang berbeda-beda,” kata Meurah.

Meurah mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tamiang, yang telah menjaga kerukunan umat beragama dengan begitu baik. “Masyarakat Tamiang ini begitu toleran, apalagi asimilasi [perkawinan] telah terjadi di sini, ukuwah-nya begitu kuat,” paparnya.

Harapan Meurah, agar suasana damai dan nyaman ini dapat terus ditingkatkan, dipupuk, dari generasi ke generasi [sustainable] agar orang dari luar yang masuk ke Aceh tidak merasa asing di Aceh.

Masih Meurah; dikatakannya bahwa; di rapat Rakornas menghasilkan beberapa rumusan di antaranya peran FKUB merupakan pengawasan Pemilu dan Pilkada sebagai mitra kerja. Perumusan strategi tolak politisasi SARA di rumah Ibadah.

FKUB diharapkan dapat menjadi pengawas partisipatif yang turut aktif memberikan sosialisasi tentang aturan pemilihan.

FKUB dapat bekerja sama dengan penyelenggara Pemilu untuk mengedepankan politik ide demi menyejukkan iklim Pemilu.

FKUB adalah partner atau mitra strategis Pemerintah untuk memelihara kerukunan antar umat beragama.

Turut mendampingi Pj. Bupati Aceh Tamiang, H. Sulaiman Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Aceh Tamiang. (Eri Efandi).

Popular Posts