Kapal Compreng Gilang Putra Ramadan Jaya (GPRJ) dikabarkan hilang Kontak di Perairan Cilacap 3 ABK Selamat 1 ABK Ditemukan Meninggal Dunia 1 ABk Masih dalam Pencarian.



Cilacap, MA-  Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap Adah Sudarsa selaku SMC (SAR Mission Coordinator), mengatakan bahwa 1 Tim Rescue diberangkatkan menuju koordinat lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit RIB dan 1 Unit Rubber Boat lengkap dengan peralatan SAR air untuk melakukan pencarian terhadap 5 orang POB yang belum pulang melaut. 


Diinformasikan kapal tersebut pergi melaut pukul 03.00 WIB dari Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap, Senin (6/2/2023). 


Seharusnya kapal compreng dengan 5 ABK itu kembali ke PPS Cilacap sore hari. Namun hingga pukul 23.00 WIB kapal GPRJ tersebut belum kembali. 


Terlebih komunikasi dengan kapal terputus, sehingga kapal dinyatakan hilang kontak. 


Kantor Pertolongan dan Pencarian/Basarnas Cilacap yang menerima informasi tersebut langsung memberangkatkan tim rescue menuju titik koordinat lokasi kejadian. 


Tim meminta bantuan Syahbandar PPS Cilacap untuk melakukan broadcast kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut. 


Korban berjumlah 5 orang, 4 orang warga Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, dan 1 orang warga Kabupaten Banyumas. 


Pukul 10.00 WIB tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyisiran pukul 10.45 WIB. 


Saat melakukan penyisiran terlihat 3 orang sedang terapung di serpihan kapal.


Tim SAR gabungan pun mendekati dan mengevakuasi ketiga korban selamat tersebut. Selanjutnya korban dibawa ke PPS Cilacap. 


Pada pukul 12.05 WIB, korban berhasil mendarat di PPS Cilacap dan langsung dilarikan ke RSUD Cilacap untuk penanganan lebih lanjut. 


Ketiga korban yang selamat bernama Daryono (45), Misnadi (42), dan Iung (52). 


Hingga berita ini diturunkan tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap  1 ABK yang hilang, yakni  Mandra. 


Miun ditemukan pukul 15.47 Wib dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan  di Selatan Widarayung tepatnya 7.72 NM Heading 104,75 derajat dari LKP. Pada pukul 17.35 Tim Sar gabungan tiba di dermaga 3 PPSC dan selanjutnya dibawa ke RSUD Cilacap.

(Pour).

Popular Posts