Pemkab Aceh Selatan Gelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Pada Anak Dibawah Umur


Aceh Selatan-mediaadvokasi.id  Pemerintah Kabupaten (pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Kesehatan melaksanakan  kegiatan pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dalam penanggulangan kejadian luar biasa (KLB) polio oral pada anak dibawah usia 1-12 tahun. 


Kegiatan tersebut berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Negeri 7 Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (12/12/2022), dengan memberikan imunisasi polio, agar generasi mendatang bebas polio.


Kegiatan pemberian imunisasi polio akan berlanjut dari tanggal 12-19 Desember 2022 di lokasi yang berbeda di kabupaten Aceh Selatan dengan memberikan imunisasi kepada 47.035 anak, yang secara simbolis di lakukan ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Selatan, Kailida,S.Pdi.


Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Forkopimda Aceh Selatan, Ketua TP-PKK Aceh Selatan, Ketua MPU Aceh Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ka.kankemenag Aceh Selatan, Kepala BPOM Aceh Selatan, Ketua Pokja KIPI Aceh Selatan, Para Muspika Aceh Selatan, para kepala sekolah SD/MI se-Aceh Selatan, orangtua/wali murid dan Siswa/i dari perwakilan sekolah. 

Mewakili Bupati Aceh Selatan, Sekda Cut Syazalisma mengatakan pada tanggal 9 Oktober 2022 telah dilaporkan kasus lumpuh layuh akut di kabupaten Pidie, ini disebabkan karena cakupan imunisasi di kabupaten Pidie sangat rendah.


Di Aceh Selatan sendiri pun cakupan imunisasi juga sangat rendah sehingga resiko penularannya juga sangat tinggi, ucap Sekda. 


Dalam rangka penanggulangan KLB polio ini di perlukan kegiatan ourbreak response imunisasi (ORI) yang merata diseluruh Aceh dengan pemberian tetes manis polio (nOVP2), ungkap sekda.


Agar kegiatan ORI ini berjalan lancar dan mencapai target yang di tetapkan maka di perlukan dukungan dan peran serta semua pihak di jajaran pemerintahan dan segenap lapisan masyarakat, untuk mengedukasi dan mensosialisasikan tentang manfaat pemberian tetes manis polio ini, ucap Sekda. 


Sekda berharap agar  orang tua segera membawa anak anak kita ke puskesmas, posyandu, dan fasilitPemkab Aceh Selatan Gelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Pada Anak Dibawah Umuras kesehatan terdekat untuk diberikan tetes manis polio agar anak anak kita terlindungi dan Aceh segera terbebas dari penyakit polio", tutup Sekda.(@)

Popular Posts