PPPK 2022 Formasi Guru PAUD di Aceh Singkil Hanya Untuk Sekolah Negeri



Aceh Singkil-mediaadvokasi.id Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah membuka dan merilis jadwal seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk jabatan fungsional (JF) Guru tahun 2022, sebanyak 274 formasi. 

Dari jumlah itu, ada sebanyak 48 alokasi formasi guru honorer Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), namun kuota penerimaannya hanya diperuntukan bagi sekolah PAUD negeri saja. 

"Sedangkan untuk guru honorer sekolah PAUD swasta tidak ada."Kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil, Ali Rabu (9/11/2022).

Dikatakannya, selaian alokasi formasi guru PAUD yang dibutuhkan, formasi PPPK guru lain juga ada seperti, guru agama islam, guru bahasa indonesia,  guru bimbingan konseling, guru IPA dan IPS.

"Kemudian guru kelas, guru matematika, guru penjaskes, guru PPKN dan guru prakarya dan kewirausahaan", katanya. 


Dijelaskannya, untuk mekanisme penerimaan PPPK guru pada tahun ini tidak lagi menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) ataupun UNBK, akan tetapi melalaui observasi. Ada dua tahap yang dilalui pelamar, guru akan dinilai oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior terhadap kompetensi mengajarnya. Itu nilainya 40 persen.

“Kemudian yang kedua penilaian kinerja yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan BKPSDM, itu nialainya 60 persen."jelasnya.

Begitupun kata Ali Hasmi, bahwa pelamar melalui pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional guru tahun 2022 ini terdiri dari atas tiga kategori pelamar yakni;

Pelamar prioritas I adalah peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK guru tahun 2021 dan telah lulus passing grade berjumlah 31 orang.

“Pelamar prioritas II merupakan tenaga honorer eks kategori (THK) II dari data base BKN. Dan pelamar prioritas III merupakan guru non-ASN yang mengajar disekolah negeri, terdaftar di Dapodik yang memiliki masa kerja minimal 3 tahun."sebutnya.

Pengumuman seleksi lowongan PPPK Guru ini hanya berlangsung satu hari saja, pada 31 Oktober 2022. Setelah pengumuman seleksi, akan dilakukan tahap pendaftaran secara online yang akan berlangsung selama 14 hari dari 31 Oktober sampai 13 November 2022.

“Dan untuk pengumuman seleksi administrasi diagendakan pada 16 sampai 17 November 2022, jadwal ini bersifat tentative artinya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan arahan dan kebijakan pusat."beber Ali Hasmi. 


Sementara lanjut Ali Hasmi, untuk pelaksanaan ujian direncanakan pada 27 sampai 28 November 2022 adalah penilaian kesesuaian oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior.

“Kemudian tahap kedua dimulai 29 November sampai 3 Desember untuk penilaian kesesuaian oleh Dinas Pendidikan bersama BKPSDM. Untuk lokasi ujian direncanakan dilakukan pada dua tempat yakni di SMPN 1 Singkil dan SMPN 1 Gunung Meriah,"katanya.

Ia berharap, para pelamar honorer untuk segera mendaftarkan diri karena sisa waktu tinggal lima hari lagi, dibaca tata cara pendaftaran secara seksama sebelum mengisi formulir pendaftaran.

Adapun pendaftaran seleksi PPPK Guru tahun ini dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscasn.bkn.go.id. Penerimaan seleksi PPPK guru tahun 2022 ini gratis, pelamar tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

"Untuk informasi lebih lanjut, pelamar dapat mengunjungi website resmi BKPSDM Aceh Singkil bkpsdm.acehsingkilkab.go.id dan kanal media sosialnya seperti youtube, instagram maupun facebook.tungkasnya


Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil Khalillulah ketika dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, PPPK tahun 2022 ini memang diperuntukan bagi sekolah negeri saja. 

"Karena sekolah swasta dianggap bukan milik pemerintah, sehingga para guru yang terdaftar mengajar di swasta tidak bisa mengikuti PPPK ini."katanya.

Adapun sekolah PAUD yang berstatus di negeri di Aceh Singkil itu tercatat sebanyak 17 sekolah. Sedangkan untuk sekolah PAUD yang ber status swasta sekitar 150."tutupnya.(Ahmad).

Popular Posts