Danrem 072/Pamungkas Hadiri Pembukaan Kejurnas Barongsai 2022 Piala Raja Hamengku Buwono X dan Piala Kasad

 Danrem 072/Pamungkas Hadiri Pembukaan Kejurnas Barongsai 2022 Piala Raja Hamengku Buwono X dan Piala Kasad


 


Sleman,MA-Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono,S.I.P.,M.Si. ikut memukul tambur tanda resmi dibukanya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai tahun 2022 memperebutkan Piala Raja Hamengku Buwono X dan Piala KASAD bertempat di Malika Grand Ballrom Sleman City Hall Jl. Magelang Km 9,6. Denggung, Tridadi,  Sleman. Jumat (7/10/2022).

Kejurnas Barongsai kali ini berlangsung selama tiga hari  mulai tanggal 7-9 Oktober 2022 dan diikuti oleh 15 Provinsi diantaranya, Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Lampung, Jabar, DKI, Jateng, Jatim, DIY, Bali, Kaltim, Kaltara, Kasel dan Sulsel.

Edy Kusuma (Ketua Umum PB FOBI) menyampaikan  bahwa Barongsai merupakan salah satu cabang olahraga prestasi yang akan dipertandingan dalam PON 21 tahun 2024 di Aceh dan di Sumatera. Meski Barongsai merupakan cabang olahraga yang relatif masih muda dalam binaan KONI, namun keberadaannya di Indonesia sudah lama diterima sebagai budaya lokal tegas Ketua Umum PB FOBI


Lebih lanjut Ketua Umum PB FOBI menyampaikan dalam Internasional Barongsai Indonesia juga sangat diperhitungkan oleh tim negara-negara lain.


Barongsai Indonesia sudah pernah mengantongi lima kali kejuaraan Internasional dan di dunia. Kejuaraan ini belum termasuk kejuaraan-kejuaraan lokal dan Regional lainnya pada tanggal 24 dan 25 September yang lalu saja berhasil meraih dalam kejuaraan typing Global Festival di negara bagian Perak Malaysia pungkas Ketua Umum PB FOBI


Indra Gamulya mewakili Ketua Umum Nasional Olympic Komite  menyampaikan  Saat ini Barongsai tidak hanya sebagai bagian dari budaya Indonesia namun juga mampu menghasilkan prestasi yang dapat membawa harum nama bangsa Indonesia di Kancah dunia. 


Lebih lanjut Bapak Indra Gamulya menyampaikan dengan resminya Barongsai sebagai olahraga resmi di tingkat dunia Barongsai diharapkan bisa naik kelas melalui Kejurnas Barongsai 2022 yang digelar di Yogjakarta ini. Kami Nasional Olympic Komite Indonesia semoga FOBI bisa menghasilkan atlet-atlet terbaiknya yang nantinya mewakili Merah Putih untuk meraih prestasi Gemilang di level dunia. 


Singgih Raharjo,SH (Kepala Dinas Kepariwisataan DIY) mewakili Gubernur DIY membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta saya menyambut baik serta mendukung sepenuhnya pelaksanaan Kejuaraan Barongsai pada Tahun 2022. Ini sebuah kehormatan dan dengan dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Kejurnas. 


Pemerintah ingin aktivitas olahraga menjadi primadona masyarakat, olahraga tidak hanya melalui cabang olahraga populer yang telah kita kenal selama ini tetapi melalui Barongsai yang banyak menampilkan isi entertainment tentunya dapat menarik minat anak-anak muda. Torehkan prestasi terbaik di arena Kejurnas barongsai 2022 dengan menjaga nama baik menjaga kesehatan dan menjaga kekompakan. Dan hanya dengan semangat juara serta kemahiran maka prestasi Gemilang dapat diwujudkan.

Letjen TNI Purn Marciano Norman (Ketua Umum KONI Pusat) menyampaikan terima kasih kepada Bapak Soekeno yang memfasilitasi dan memberikan fasilitas untuk Kejuaraan Nasional Barongsai Tahun 2022.

Lebih lanjut Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan hal yang sangat positif dimana 16 Provinsi hadir dalam satu event yang betul-betul kita harapkan akan menjadi satu landasan yang kelak menunjukkan bahwa Barongsai ini memang patut dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional, oleh karenanya pada PON ke-21 tahun 2024 nanti Barongsai akan dipertandingkan dan saya berharap Ketua Umum PB FOBI mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Pada perkembangannya saya lihat banyak satuan TNI/Polri yang juga ikut bermain Barongsai baik di Kalimantan maupun Jawa Tengah dan banyak Provinsi-provinsi lain ini menunjukkan bahwa Barongsai ini sudah menjadi milik kita semua pungkas Letjen TNI Purn Marciano Norman. 

Hadir dalam acara tersebut,  Marsda TNI Eko D.Indarto, SIP, M.Tr (Han) (Gubernur AAU), Brigjen TNI M. Zamroni (Widyaiswara Bidang Nik Akmil), Kombespol Tartono, SH, MBA (Dirbinmas Polda DIY), Kolonel Laut Damayanti, SH, MM (Danlanal DIY), Ibu Katarina Endang Sarwesti (Kajati DIY) dan Mayor Arm Ronang Sasiarto (Kasdim 0732/Slm).

(Penrem 072/Pmk/MA)

Popular Posts